UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran/Target Fakultas Adab dan Humaniora Periode 2015-2019

VISI:
“UNGGUL DAN KOMPETITIF DI TINGKAT NASIONAL PADA TAHUN 2019 DALAM KAJIAN HUMANIORA BERBASIS KHAZANAH ISLAM LOKAL”

MISI :
1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan akademik dan profesional dalam bidang  humaniora yang integratif holistik dan mampu mengembangkan khazanah Islam lokal;

2. Mengembangkan kajian dan penelitian yang integratif holistik dalam bidang  Humaniora yang berorientasi pada pengembangan khazanah Islam lokal;

3. Menyebarluaskan hasil kajian keilmuan tersebut melalui program pengabdian masyarakat, terutama dalam konteks pengembangan khazanah Islam lokal.

TUJUAN:
1) Menghasilkan output (Sarjana Humaniora [S.Hum] dan Ahli Madya [A.Md.]) yang profesional dan kompetitif dalam bidang Humanoira disertai dengan keteguhan iman, kemuliaan akhlak (ahlaq Karimah) dan keunggulan amal sehingga mampu bersaing dengan lulusan manapun dari Fakultas dan Prodi serumpun, baik di tingkat lokal, nasional, regional, maupun internasional;

2) Menghasilkan output yang mampu mengembangkan Ipteks pada bidang keahliannya secara terpadu antara bidang humaniora dan khazanah Islam lokal;

3) Menghasilkan output yang mampu mengabdikan ilmunya di tengah-tengah masyarakat secara terpadu antara bidang humaniora dan khazanah Islam Islam lokal.

SASARAN/TARGET:
1) Terciptanya 600 sarjana dan tenaga profesional di bidang humaniora  yang berakhlakul karimah, unggul, dan kompetitif dalam persaingan global di tingkat nasional dan internasional.

2) Lahirnya >900 (2015-2020) hasil karya penelitian, artikel, buku daras/ajar, dan penerjemahan dalam kajian humaniora yang berkualitas standar nasional dan internasional, serta sesuai dengan kebutuhan masyarakat. >30% di antara terkait dengan khazanah Islam Lokal.

3) Memiliki jaringan kerjasama dengan 40 lembaga/instansi lembaga di dalam negeri dan 20 di Luar Negeri.

4) Mampu menyelanggarakan 4 kegiatan bertaraf Internasional.

5) Memiliki sistem pengelolaan akademik dan administrasi akademik yang memenuhi standar pendidikan nasional dengan nilai Audit Mutu Internal (AMI) dan akreditasi BAN PT dengan kualifikasi A.

6) Memiliki 2 Jurnal bertaraf Nasional yang terakreditasi Dikti.

7) Terwujudnya berbagai aktivitas dosen dan mahasiswa dalam bidang pengabdian pada masyarakat yang mampu memberikan solusi pada berbagai persoalan pada kehidupan nyata di masyarakat dan berbagai aktivitas yang dapat meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat berdasar pada ipteks yang digelutinya.

8) Terwujudnya kelas bilingual terkait dengan kajian Islam di Indonesia.