UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Ushuluddin Lahirkan Pemikir & Ahli Riset

[www.uinsgd.ac.id] Fakultas Ushuluddin UIN SGD Bandung hadir dengan semangat melahirkan karya dan inovasi keilmuan sesuai arah dan perkembangan masyarakat. Tidak merasa puas dengan hasil yang diraih, tetapi juga punya obsesi berada di posisi terdepan bahkan menjadi ikon dalam melahirkan para pemikir muslim di Jawa Barat ini.

“Dinamisasi dan kebaruan telah menjadi dasar bagi kami untuk mencetak para lulusan Ushuluddin yang berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara,” ujar Dekan Fakultas Ushuluddin UIN SGD Bandung, Prof Rosihon Anwar, usai Pelatihan Metodologi Penulisan Ilmiah Berbasis Riset, di Jatinangor, Sabtu (28/9). 

Kehidupan keberagamaan di Jawa Barat ini semakin menuntut adanya kualitas para theolog, pemikir, dan intelektual yang mampu memberikan pencerahan dalam pengembangan wacana-wacana keislaman serta aktualisasi konkret dalam kehidupan masyarakat.

Maka, lanjut Rosihon, dalam pelatihan ini dirumuskan berbagai metologi penulisan ilmiah yang berbasis riset. “Kami menyusun peta wilayah penelitian untuk penyusunan skripsi mahasiswa yang berbasis kompetensi dan dibutuhkan masyarakat. Termasuk meningkatkan komitmen dosen pembimbingnya, agar benar-benar mengarahkan mahasiwa,” jelasnya.

Rosihon mengharapkan alumni Ushuluddin mampu meredam berbagai kasus pemurtadan, atau kekerasan yang berkedok agama, radikalisme, dan terorisme di Jawa Barat ini. “Kebingungan umat Islam terhadap berbagai permasalahan yang terus berkembang menjadi tantangan dan momentum bagi mahasiswa Ushuluddin. Wacana-wacana keislaman harus mampu mengantarkan pada perubahan pemikiran, sikap dan amal,” katanya. (nank/sumber:bedanews.com)