UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

UIN Sosialisasikan Pilgub Melalui Lomba Foto

[www.uinsgd.ac.id] Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Bekerjasama dengan Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI) Jawa Barat menggelar “Workshop Sosialisasi Pilgub Jabar dan Lomba Foto”.

Workshop digelar di Aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Bandung pada pukul 10.00-14.00 WIB, Senin (4/2), sekaligus pengumuman pemenang Lomba Foto Sosialisasi Pilgub Jabar. Hadir sebagai pembicara Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat, Redaktur Foto Pikiran Rakyat Harry Suryana, dan Dosen Fikom Unpad Dr. Dede Mulkan Sasmita, M.Si.

Ketua PJI Jabar Iwa Ahmad Sugirwa mengatakan, tujuan workshop untuk menggugah kesadaran publik khususnya peserta workshop melalui bidikan lensa fotografer akan pentingnya Pilgub Jabar bagi masa depan demokrasi di Jabar.

“Workshop ini sengaja kami gelar, karena fotografi merupakan salah satu cara untuk memberi kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya Pilgub Jabar. Apalagi sudah banyak contoh fenomena perubahan atau pemecahan suatu kasus melalui fotografi,” kata Iwa dalam rilisnya.

Iwa mengungkapkan beberapa narasumber akan membedah bagaimana sosialisasi Pilgub Jabar lewat bidikan lensa kamera dalam media dan efek yang ditimbulkan terhadap khalayak pembaca.

“Di workshop tersebut para narasumber membahas fotografi yang mengedukasi khalayak dan mendorong perubahan Jawa Barat ke arah yang lebih baik,” ujarnya.

Dia berharap, workshop tersebut bisa memberikan edukasi atau pemahaman kepada peserta tentang peranan fotografi jurnalistik dalam Pilgub Jabar sehingga tercipta suasana kondusif dan suksesnya Pilgub Jabar 24 Februari mendatang

 “Kami pikir fotografi adalah cara yang bisa memberikan kesadaran masyarakat akan pentingnya Pilgub Jabar. Apalagi banyak contoh fenomena perubahan bahkan  kasus bisa terpecahkan melalui fotografi,” kata Iwa, Sabtu (2/2).

Sejumlah narasumber yang hadir membeberkan bagaimana sosialisasi Pilgub Jabar melalui bidikan kamera dalam media dan efek yang ditimbulkan terhadap khalayak pembaca. Selain itu narasumber juga akan memaparkan tentang fotografi yang mengedukasi dan mendorong perubahan Jabar ke arah lebih baik.

Iwa berharap, gelaran tersebut bisa memberikan pembelajaran sekaligus pemahaman bagi peserta dalam Pilgub Jabar 24 Februari mendatang.  Dengan begitu akan tercipta suasana kondusif, sukses dan Pilgub Jabar yang berkualitas.*** [BandungOke/Fokus/Dudi, Ibn Ghifarie]