UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

UIN Siapkan RS Pendidikan

[www.uinsgd.ac.id] Asisten Daerah (Asda) III Provinsi Jabar, Dr. H. Ahmad Hadadi yang di dampingi Rektor UIN SGD Bandung, Prof. Dr. H. Deddy Ismatullah, SH., M. Hum, Wakil Rektor dan Koordinator Rumah Sakit (RS) se-Jabar, Hermawan melakukan peletakan batu pertama pembangunan RS Pendidikan sebagai persiapan dibukanya Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat di Kampus II, samping Polda Jabar, Kamis (22/5).

Dalam sambutannya, Asda III menjelaskan “Kehadiran RS Pendidikan ini sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Jabar. Mengingat kondisi RS di Jabar baru ada 296 RS,” paparnya.

Mengenai pola hidup bersih dan sehat di masyarakat Jabar ini masih dianggap rendah. “Untuk itu, keberadaan RS Pendidikan UIN SGD ini sangat kami dukung dan diharapkan bisa menjadi rujukan dan bermanfaat di tengah-tengah budaya pola hidup bersih dan sehat ini,” tegasnya.

Rektor menerangkan, “Peletakan batu pertama pembangunan RS Pendidikan ini sebagai usaha mempersiapkan dibukanya Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat karena persyaran dibuka Fakultas Kedokteran ini harus ada RS Pendidkan.” 

Dengan adanya RS Pendidikan ini Rektor berharap, “Mudah-mudahan bisa ikut andil dalam menyebarluaskan medis syari. Selain, tumbuh berkembangnya ekonomi syariah. Untuk pengobatan pun medis syari harus dikembangkan. Salah satunya dengan membuat RS Pendidikan yang dibantu oleh Pa Herman dan bersedia mewakafkan dirinya untuk mengelola RS Pendidikan,” sambungnya.

Pendirian Fakultas baru ini upaya menampung para lulusan Madrasah Aliyah, Pondok Pesantren yang berada dalam rural area yang selalu termarginalisasikan karena kalah bersaing, baik secara ekonomi maupun prestasi, untuk memasuki program studi umum pada Perguruan Tinggi Negeri. “Semoga lulusan Aliyah, Ponpes yang memiliki prestasi, tapi secara ekonomi kurang ini bisa melanjutkan kuliah di Fakultas Kedokteran,” optimisnya.[]