UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

UIN SGD-Polda Jabar Jalin Kerjasama Bidang Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Masyarakat & Pembinaan Keamanan

[www.uinsgd.ac.id] UIN Sunan Gunung Djati Bandung jalin kerjasama dengan Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar), melalui penandatanganan nota kesepahaman bersama (MoU) dibidang “Penyelenggaraan Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Pembinaan Keamanan”, pada Senin (7/11) bertempat di ruang Riung Mumpulung, Mapolda Jabar Jl. Soekarno Hatta, Bandung.

Rektor, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si., dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi atas upaya Kepolisian Republik Indonesia dalam mengatasi unjuk rasa umat muslim seluruh Indonesia di Jakarta. “Terutama apresiasi pada pihak Polda Jabar yang menurunkan pasukan sorban dan dzikir asma’ul husna dalam upaya menciptakan aksi damai,” tehasnya.

Bentuk kerjasama yang akan dijalin dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan pembinaan keamanan, “Banyak hal yang bisa dilakukan diantaranya, kuliah di Pascasarjana untuk meningkatkan SDM dan dokter-dokter yang ada di Polda Jabar bisa berpartisipasi dalam rangka mempercepat fakultas kedokteran UIN SGD”, tuturnya.

Jalinan kerjasama ini sebagai wujud dari pemberian manfaat antara pihak UIN dengan Polda Jabar, “Karena sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi diri dan masyarakat sekitarnya. Dalam konteks MoU ini kita berusaha untuk meningkatkan SDM,” ujarnya.

Irjen. Pol. Drs. Bambang Waskito, Kapolda Jabar, dalam sambutannya menyatakan bahwa kerjasama ini dalam rangka meningkatkan kualitas SDM dalam bentuk pendidikan, penelitian, pengabdian dan pembinaan keamanan. “Salah satu cara meningkatkan SDM Kepolisian untuk menjadikan Polisi yang humanis dan profesional”, tuturnya. 

Mengenai proses pembelajaran pihak Polda siap membantu terciptanya fakultas kedokteran. “Dengan adanya 4 dokter dan doktor diharapkan bisa mempercepat pendirian fakultas kedokteran. Untuk fakultas syariah dan hukum keberadaan doktor ilmu hukum dari Kepolisian juga bisa berbagi ilmu dan pengalaman karena mereka tidak hanya menguasai teori tetapi juga menguasai praktik dilapangan”, pungkasnya. [Humas AlJami’ah]