UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

UIN SGD Melakukan MoU & Laounching Asrama Berbasis Pesantren

[www.uinsgd.ac.id] Terobosan mutakhir dilakukan UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam membina kemahasiswaan, yaitu dengan dilakukannya MoU dan Lounching Program Asrama Berbasis Pesantren yang dilaksanakan di Aula Abdjan Sulaeman, Kamis 22 Desember 2016.

Acara ini dikemas dalam bentuk Workshop yang di disertai MoU dan Lounching Asrama Berbasis Pesantren. Dalam acara itu dilakukan Penandatanganan MoU antara Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof.Dr.H.Mahmud, M.Si  dengan para pemilik kontrakan atau asrama di sekitar kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Hadir menyaksikan sekaligus nara sumber acara tersebut dari Kasubdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama RI, Dra. Hj. Sa’diyah, M.Pd.

Dalam sambutan Ketua Panitia dan sekaligus sebagai Wakil Rektor III, Prof. Dr. H. Muhtar Solihin, M.Ag., menyampaikan bahwa program Asrama Berbasis Pesantren ini merupakan “program unggulan bidang kemahasiswaan yang diharapkan menjadi media yang strategis untuk membina kualitas mahasiswa dengan bekal keilmuan berbasis akhlak atau moral-spiritual ala pesntren,” tegasnya.

Dengan kerjasama ini diharapkan adanya komunikasi dan kordinasi yang solid antara pihak UIN Bandung dengan pemilik asrama dalam menaggungjawabi pembinaan kemahasiswaan. “Untuk itu program ini didesain dalam bentuk pembinaan keilmuan keislaman dengan pendekatan penanaman karakter kepesantrenan secara terpadu antara pihak UIN bersama dengan para pemilik kontrakan atau asrama di sekitar kampus,” optimisnya.

Dalam kesempatan itu juga, Rektor UIN SGD Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud. M.Si. dalam sambutannya mengatakan bahwa “dengan program spektakuler yang digulirkan oleh team kemahasiswaan ini diharapkan nantinya akan terlahir para sarjana UIN yang sekaligus ulama dan cendekiawan yang berpola pikir pesantren dengan basis akhlakuk karimah,”paparnya.

Rektor juga menyampaikan terimakasih kepada Wakil Rektor III beserta jajaran team kemahasiswaan yang terus melakukan terobosan-terobosan baru untuk mengangkat kebesaran nama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Dalam orasinya, Kasubdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan Diktis Kementerian Agama, Dra. Sa’diyah, juga mengapresiasi dan menyambut baik program spektakuler yang dikomandoi oleh Wakil Rektor III UIN SGD Bandung  ini. “Sehingga pekerjaan besar dalam pembinaan kemahasiswaan yang secara real menyentuh akar rumput kemahasiswaan di PTKIN ini sudah dimulai di UIN SGD Bandung,” ujarnya. 

Program ini diharapkan bisa menjadi model pembinaan kemahasiswaan yang bisa ditularkan kepada seluruh PTKIN di Indonesia, tegas Dra.Hj.Sa’diyah, M.Pd. [Humas Al-Jamiah].