UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

UIN SGD Laksanakan Seleksi Proposal BOPTN Tahun 2019

Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung telah rampung melaksanakan seleksi administrasi proposal bantuan penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan publikasi ilmiah Tahun Anggaran 2019. Seleksi administrasi dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN SGD.

Pedoman bantuan melalui skema Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) Kementerian Agama RI. Pedoman itu mengatur ketentuan pengusul yang meliputi fungsional dosen tetap, pustakawan, dan laboran. Proposal bantun diajukan melalui system Litapdimas sejak Tahun 2018. Pengusul sebanyak 284 proposal tekualifikasi menjadi 237 proposal setelah dilakukan seleksi administrasi yang rampung pada hari Jum’at, 12 April 2019.

Seleksi administrasi meliputi beberapa ketentuan. Pertama, evaluasi terhadap laporan output bantuan tahun sebelumnya berupa Buku ISBN, Sertifikat HKI/Paten, Log Book, Draft Artikel, dan Laporan Keuangan. LP2M telah mengirim surat pada tanggal 01-04-2019 kepada para pengusul untuk melakukan revisi laporan output Tahun 2018 untuk ketentuan administrasi usulan bantuan Tahun 2019. Tekait hal ini LP2M melaksanakan konsinyering laporan output Tahun 2018 pada Selasa-Jum’at, 02-05 April 2019 untuk memastikan kelengkapan laporan sebagai syarat seleksi administrasi Tahu 2019.

Kedua, seleksi administrasi didasarkan laporan outcome berupa publikasi pada jurnal ilmiah terhadap penerima bantuan sejak Tahun 2016. Penerima bantuan Tahun 2016 telah habis masa waktunya untuk laporan outcome. Beberapa kluster bantuan Tahun 2017 dengan batas waktu 18 bulan dan 24 bulan terkait laporan otcome maka belum habis masa tagihannya. Adapun kluster bantuan Tahun 2018 selurunya belum habis masa tagihan outcome. Berdasarkan ketentuan itu, terdapat tiga kualifikasi hasil seleksi administrasi, yaitu telah memenuhi laporan outcome, tidak terpenuhi laporan outcome, dan masih berlaku masa tagihan outcome dan/atau pengusul baru yang belum dikenakan syarat tagihan outcome. Telah disosialisasikan juga bahwa ketentuan tagihan outcome dapat berupa progress publikasi dengan alat verifikasi berupa screen shot submit paper ke jurnal ilmiah.

Ketiga, seleksi administrasi memerhatikan status pengusul dengan tugas belajar atau tugas lainnya dalam kurun waktu tertentu. Ketentuan seleksi otomatis tidak lolos persyaratan administrasi bagi pengusul bantuan Tahun 2019 yang belum melakukan revisi laporan output Tahun 2018, belum memenuhi tagihan outcome, dan pengusul yang sedang mendapat tugas untuk kurun waktu tertentu.

Seleksi administrasi segera akan diumumkan hasilnya setelah dilakukan penetapan melalui mekanisme rapat dengan jajaran pimpinan. Sleksi administrasi ditetapkan melalui surat keputsan Rektor dan/atau sekurang-kurangnya suarat yang dikeluarkan oleh Ketua LP2M UIN SGD Bandung. Para pengusul bantuan 2019 otomatis dapat mengetahui ketentuan lolos atau tidak lolos seleksi administrasi pada aplikasi Litapdimas.

LP2M menghaturkan terimakasih kepada stakeholders yang telah berperan dalam melaksanakan seleksi administrasi proposal BOPTN Tahun 2019. Selanjutnya, akan dilakukan Seleksi Substansi Proposal oleh reviewer melalui aplikasi Litapdimas. LP2M UIN SGD juga mengucapkan terimakasih kepada para pengusul bantuan atas atensi dan kerjasamanya untuk kelancaran tahapan proses pengusulan bantuan Tahun 2019. (Humas Al-Jamiah)