UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

UIN SGD Gelar Workshop Kewirausahaan Mahasiswa

[www.uinsgd.ac.id] Sekitar 60 peserta mengikuti Workshop Kewirausahaan Mahasiswa yang digelar oleh UIN SGD Bandung, di Puteri Gunung Hotel, Lembang. Peserta workshop tersebut terdiri dari perwakilan setiap Senat Mahasiswa Fakultas (SMF), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan Unit Kegiatan Khusus (UKK). Acara yang dihelat dari 9 hingga 10 Oktober 2015 ini bertema Membangun Jiwa Kewirausahaan yang Kreatif, Inovatif, dan Meraih Kesuksesan.

“Ketika anda sudah mempunyai jiwa kewirausahaan, maka tantangan itu menjadi sebuah peluang, dan peluang itu terbuka dari pemikiran yang kreatif dan inovatif,” ungkap Wakil Rektor III Muchtar Solihin dalam sambutannya sekaligus membuka acara secara resmi, Jum’at (9/10). Ia mengatakan, dengan adanya workshop ini diharapkan dapat memberikan rangsangan bagi mahasiswa untuk menumbuhkan jiwa usaha.

Ada empat pemateri yang mengisi pada workshop. Hari pertama diisi oleh Direktur Utama PT. Nuansa Aluminium, Nana Mulyana yang membahas tentang Merubah Mahasiswa Biasa menjadi Mahasiswa Luar Biasa. Kemudian Manager Bisnis Mikro Bank BRI A.H. Nasution Rosyid Hudaya tentang Menggali Potensi Jiwa Kewirausahaan.

Hari kedua diisi oleh Sub Branch Manager BSM KCP Ujungberung, Yeni Puspa Indrayani tentang Membangun Jiwa Kewirausahaan Mempersiapkan Generasi Mandiri. Lalu Wakil Dekan I Fakultas Syariah dan Hukum, Ahmad Hasan Ridwan tentang Islam dan Kewirausahaan.

Kepala Biro A2KK, Habudin selaku Ketua Pelaksana berharap acara ini dapat membentuk mahasiswa menjadi wirausahawan yang sukses, dan siap menghadapi kehidupan nyata. Sedangkan, Muchtar merekomendasikan agar ke depannya ditambahkan mata kuliah kewirausahaan di setiap jurusan di UIN SGD Bandung. [Anjar Martiana, Isthiqonita/Suaka]