UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

UIN SGD Gelar Dies Natalis Ke-51: Tasyakur bi Ni’mah Akreditasi A

Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung genap berusia 51 pada Tahun 2019. Acara Dies Natalis digelar untuk memperingati hari jadi UIN –dulu Institut Agama Islam Negeri (IAIN)– sekaligus syukuran Akreditasi A UIN SGD yang diperoleh atas penilaian Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada Maret 2019.

Rektor UIN SGD, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si., mengucapkan terimakasih kepada seluruh Keluarga Besar UIN SGD atas segala dedikasi, kinerja, dan keikhlasan. “Kita panjatkan doa kepada Allah SWT. untuk derajat mulia serta selamat dunia dan akhirat. Kita berdoa semoga semua yang telah tiada mendapat suraga di sisi Allah SWT.”, ungkap Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si. saat menyampaikan sambutan Dies Natalis di Aula Anwar Musaddad UIN SGD, Senin (08/04/2019).

Senat UIN SGD memberikan apresiasi kepada Rektor dan seluruh jajaran atas kemajuan yang ditandai berbagai prestasi. “UIN SGD telah meraih prestasi puncak Akreditasi A. Kita memasuki usia dewasa 51 tahun. Semua harus bangga menjadi warga UIN SGD yang penuh prestasi”, tegas Prof. Dr. H. Nanat Fatah Natsir, MS., Ketua Senat UIN SGD.

Disampaikan bahwa UIN SGD memiliki kemajuan dalam banyak hal, seperti akreditasi program studi, perpustakaan, HKI/Paten, dan pembangunan sesuai Rencana Induk Pengembangan (RIP) UIN SGD hingga Tahun 2045.

Dies Natalis ke-51 dan sykuran Akredatasi A UIN SGD digelar dengan kesederhanaan. “Acara ini dilaksanakan sederhana, namun diharapkan tidak mengurangi makna dan keberkahan. Terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini”, papar Prof. Dr. H. Oyo Sunaryo Mukhlas, M.Si., selaku Ketua Pelaksana Dies Natalis ke-51 UIN SGD.

Agenda Dies Natalis merupakan rangkaian dari beberapa kegiatan, seperti event olah raga, ragam perlombaan, dan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT). Berbagai hadiah dan penghargaan diberikan kepada para pemenang. Diberikan pula anugrah Umroh kepada 3 (tiga) orang Tenaga Kependidikan: Suwandi, dari Fakultas Psikologi, Edin Khaerudin dari Fakultas Adab dan Humaniora, dan Dul Jamal dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Anugrah Umroh ini diberikan langsung oleh Rektor UIN SGD sebagai perhatian dari mitra kerja, yakni Qiblat Tour, Bank Jabar Syariah, dan Ketua Ikatan Alumni UIN SGD.

Takdir dan Doa
Tausiyah menjadi acara puncak di agenda Dies Natalis dan sykuran Akreditasi UIN SGD. Tausiyah disampaikan oleh Prof. Dr. H. Nurwajah Ahmad EQ., MA., Ketua Progam Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir S2 Pascasarjana UIN SGD.

“Sumber kekuatan ada dua, yakni takdir dan doa. Takdir merupakan hak kekuasaan Allah SWT. sebagai kemestian dan keteraturan yang terimplementasi di dalam berbagai pekerjaan oleh seluruh sivitas di UIN SGD. Doa sendiri merupakan munajat dengan sungguh-sungguh agar segala aktivitas pekerjaan kita di dalam realitas ini (di UIN SGD, red.) merupakan manifestasi atas takdir atau kehendak Allah SWT., jelas Prof. Dr. H. Nurwajah Ahmad EQ., MA., pakar Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir UIN SGD.

Doa bersama menandai berakhirnya acara Dies Natalis dan sykuran Akreditasi UIN SGD. Prof. Dr. H. Nurwajah Ahmad EQ., MA. mengakhiri tausiyah dengan doa untuk kemajuan, berkah, dan rahmat. Undangan dan hadirin sekitar 500 Orang dari sivitas UIN SGD terlihat khusyu dan khidmat. Atas segala capaian bersama semoga menjadi rahmat untuk seluruh sivitas UIN SGD.

Sumber, Ada Berita Net 9 April 2019