UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

UIN SGD Bentuk Penyuluh Anti Narkoba

[www.uinsgd.ac.id] Upaya mencipatakan kampus UIN SGD Bandung bebas narkoba, maka pihak kampus membentuk satuan tugas (Satgas) Badan Narkotika Nasional (BNN) melalui penyuluh anti narkoba. “Dengan dibantuknya Satgas BNN melalui penyuluh anti narkoba ini. Insya Allah kampus tercinta ini akan bebas dari narkoba,” ungkap Rektor UIN SGD Bandung, rof. Dr. H. Mahmud, M.Si., saat membuka secara resmi Kuliah Umum oleh Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Barat, Brigjen Polisi Iskandar Ibrahim dan Pembukaan Matakuliah Penyuluhan Anti Narkoba pada Jurusan Tasawuf Psikoterapi (TP) Fakultas Ushuluddin (FU) UIN SGD Bandung dan Jurusan Bimbingan Konseling Islam (BKI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN SGD Bandung yang digelar di Aula FU, lt, Kamis (22/10).

 

Rektorat sangat mengapresiasi atas kerjasama antara UIN SGD Bandung dengan BNNP Jawa Barat dalam menciptakan lingkungan bebas narkoba. “Dengan adanya mata kuliah penyuhuhan anti narkoba ini di jurusan Tasawuf Psikoterapi (TP) dan Jurusan Bimbingan Konseling Islam (BKI), kerja BNNP Jabar dalam menciptakan lingkungan bebas narkoba akan lebih cepat dilakukan dan tercapai. Selama ini, pencegahannya dilakuakan melalui medis, psikologis, untuk spiritual tidak tersentuh. Oleh karena itu, menjadi tepat kehadiran mata kuliah ini dalam memberantas peredaran narkoba di lingkungan,” tagasnya. 

 

Untuk itu, mata kuliah ini menjadi penting diajarkan di lingkungan UIN SGD Bandung. “Mudah-mudahan mahasiswa UIN SGD Bandung mendapatkan pengetahuan, wawasan tentang bahaya narkoba, sehingga kampus kita bebas itu dari narkoba,” optimisnya. 

 

Bagi Dr.Isep Zainal Arifin, M.Ag, penggagas dan pengampu Mata Kuliah Penuluhan Anti Narkoba menjelaskan, “Sejak tahun 2009 mata kuliah ini sudah ada di jurusan BKI. Mengingat Indonesia tengah menghadapi 4 bencana; teroris, korupsi, narkoba, pornografi. Upaya memberantasan narkoba di lingkungan akademik, maka dibuatkan mata kuliah penyuluhan anti narkoba,” paparnya.

 

Kehadiran BNN Corner menjadi bagian penting dalam mencipatakan kader-kader penyuluh anti narkoba. “Oleh karena itu, kehadiran mata kuliah penyuluh anti narkoba diharapkan menjadi model dan percontohan usaha pemberantasan narkoba di lingkungan kampus. Mudah-mudahan kehadiran BNN Corner di UIN SGD Bandung menjadi bagian terpenting dalam membentuk kader penyuluh anti narkoba,” pungkasnya. [Humas UIN SGD Bandung]