UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

UIN SGD Bandung Unjuk SINTA

UIN SGD Bandung melalui Pusat Penelitian dan Penerbitan (Puslitpen) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarkat (LP2M) menghimbau kepada sivitas akademis untuk melakukan register Sinta (Science and Technologi Index).

Kepala Puslitpen, Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag. menjelaskan “Dalam catatannya, hingga hari Jum’at 15 Maret 2019 pukul 07:38 sudah ada 516 Sivitas UIN SGD Bandung yang telah menjadi member Sinta,” tegasnya, Jumat (15/03).

Diakuinya, Sinta sangat berperan dalam melakukan penghitungan index publikasi. “Penghitungan ini bersifat dinamik yang menempatkan UIN SGD pada kisaran ranking 27 sampai 20 besar di antara Perguruan Tinggi se-Indonesia,” jelasnya.

Sinta mencatat data publikasi UIN SGD. “Tercatat 391 dokumen Scopus dengan 1,740 Sitasi, 20 dokumen WOS, dan 7,213 dokumen Google Scholar dengan 46,320 Sitasi,” tuturnya.

Sinta pun mencatat data lainnya yaitu Buku ISBN, HKI/Paten, dan Jurnal Ilmiah. Selebihnya, Sinta menampilkan ranking Fakultas dan Program Studi.

Index Sinta bermanfaat untuk Akreditasi, baik Program Studi maupun Institusi. Juga bermanfaat untuk evaluasi performa publikasi. “Sinta menjadi penting untuk melihat grafik dinamik performa publikasi UIN SGD. Oleh karena itu, Puslitpen LP2M UIN SGD mendorong sivitas akademik menjadi member Sinta,” pungkasnya.