UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

UIN SGD Bandung Membangun Kemitraan Dosen-Mahasiswa dalam Publikasi Ilmiah

REKTOR Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung, Prof Dr. Mahmud, M.Si. melepas 25 delegasi yang akan mengikuti konferensi tahunan “Annual Appleid Science and Engineering Conference (AASEC) 2019” yang akan dilaksanakan Rabu (24/4/2019), di Hotel Aston, Denpasar dengan tuan rumah Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali.

“AAEC yang dilakukan setiap tahun ini kami jadikan sebuah upaya untuk menjalin kemitraan antara dosen dengan mahasiswa dalam meningkatkan publikasi ilmiah, baik nasional maupun internasional,” ujar Mahmud didampingi Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan (Puslitpen) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarkat (LP2M), Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., akan dilaksanakan Rabu (24/4/2019), di Hotel Aston, Denpasar dengan tuan rumah Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali.

Menurutnya, kegiatan ini memang lebih fokus pada publikasi ilmiah. Oleh karena itu, UIN SGD Bandung yang tengah berupaua meningkatkan bidang publikasi ilmiah memanfaatkan AAEC sebagai upaya kolaborasi dengan perguruan tinggi mitra yang juga melibatkan mahasiswa.

Dikatakannya, kemitraan antara dosen dan mahasiswa, baik mahasiswa strata satu maupun pascasarjana, dalam publikasi ilmiah harus digalakkan, bahkan dikelola dengan baik untuk meningkatkan publikasi ilmiah skala internasional reputasi global yang dilaksanakan melalui partisipasi konferensi.

“Caranya dengan meningkatkan penyelenggaraan konferensi melalui kerjasama dengan pihak lain. Sejak tahun 2017, UIN SGD Bandung melalui Puslitpen LP2M bekerjasama dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, sebagai penyelenggara agenda tahunan AASEC,” tuturnya.

Setiap tahun, Puslitpen LP2M UIN SGD Bandung membentuk Ketua Angkatan AASEC. Tahun ini, dosen Fakultas Sains dan Teknologi, Eki Ahmad Zaki, S.T., M.T. mendapat amanah mejadi Ketua Angkatan AASEC.

“Tahun ini mengupayakan paper melalui kemitraan dosen dan mahasiswa. Sebelumnya, hanya kalangan dosen UIN SGD Bandung.Melalui ini AASEC telah memiliki 105 paper yang terindex Scopus,” paparnya.

Mahmud berharap, melalui berbagai forum konferensi mengupayakan pengembangan ilmu pengetahuan, peningkatan publikasi reputasi global, kolaborasi lintas perguruan tinggi. Selain itu, kemitraan hasil karya dosen dan mahasiswa dalam bentuk paper harus terus ditradisikan dan ditingkatkan. (Nana Sukmana, Kiki Kurnia)

Sumber, Galamedia News 22 April 2019