UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

UIN SGD Bandung Masuk Urutan ke-69 Versi Webometric

[www.uinsgd.ac.id] Upaya UIN SGD Bandung dalam menjadikan Perguruan Tinggi Islam kelas dunia yang unggul dan kompetitif terus dilakukan. Hasil pantauan Webometrics www.webometrics.info, yaitu suatu sistem yang memberikan penilaian terhadap seluruh universitas terbaik di dunia melalui website universitas yang berbasis di Spanyol dengan melakukan pemeringkatan tiap semester dalam setahun, yakni pada bulan Januari dan Juli yang dipublikasikan pada 30 Juli 2012 dengan rilis pemeringkatan 20 ribu perguruan tinggi di dunia, dan 361 perguruan tinggi di Indonesia UIN SGD Bandung masuk peringkat Perguruan Tinggi ke-11498 di dunia dan ke-69 di Indonesia.

Memang masih tertinggal jika dibandingkan dengan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang masuk peringkat ke-1734 di dunia dan ke-26 di Indonesia; IAIN Sunan Ampel Surabaya ke-3665 di dunia dan ke-47 di Indonesia; UIN Sultan Syarif Kasim Riau ke-3717 di dunia dan ke-49 di Indonesia, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ke-4183 di dunia dan ke-59 di Indonesia.

Sejak Juli 2012, Webometrics mengubah parameter penilaian. Ada empat komponen yang menjadi indikator utama dari penilaian Webometrics ini, yaitu: Presence (20%), Impact (50%), Openness (15%), dan Excellence (15%).Parameter excellence merupakan jumlah artikel-artikel ilmiah publikasi perguruan tinggi yang bersangkutan yang terindeks di Scimago Institution Ranking (tahun 2003-2011) dan di Google Scholar (tahun 2007-2011).

Presence adalah jumlah halaman website (html) dan halaman dinamik yang tertangkap oleh mesin pencari (Google), tidak termasuk rich files. Impact merupakan parameter jumlah eksternal link yang unik (jumlah backlink) yang diterima oleh domain web universitas (inlinks) yang tertangkap oleh mesin pencari (Google).Openness merupakan jumlah file dokumen (Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) and Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang online/open di bawah domain website universitas yang tertangkap oleh mesin pencari (Google Scholar).

Dari empat kategori ini, UIN SGD Bandung mendapatkan skor masing-masing 13,310 untuk presence, 8,878 untuk impact, 9,811 untuk opennes, dan 5,228 untuk kategori excellence. Informasi selangkapnya dapat dilihat pada laman http://www.webometrics.info