UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

UIN SGD Bandung Jalin Kerjasama dengan Komnas HAM

[www.uinsgd.ac.id] UIN SGD Bandung menjalin kerjasama dengan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) di bidang hukum dan HAM. Kesepakatan kerjasama antara UIN SGD Bandung dan Komnas HAM ini ditandai dengan penandatanganana nota kesepahaman (MoU) oleh Rektor UIN Prof. Dr. H. Deddy Ismatullah, SH., M. Hum. dan Ketua Komnas HAM Siti Noor Laela, SH di Aula Rektorat, gedung Al-Jamiah lantai II, Jumat (6/9).

Disepakati, kedua belah pihak akan melakukan kegiatan bersama dalam bidang pendidikan, penelitian, penyelenggaraan seminar serta pemantauan peradilan.

Dalam sambutanya Rektor menjelaskan kerjasama antara UIN SGD Bandung dengan Komnas HAM ini sangat penting. “Mengingat salah satu kontribusi Perguruan Tinggi terhadap masyarakat Indonesia adalah bagaimana cara kita mengawal HAM yang banyak terjadi pelanggaran. Cara pengwalanya bidang pendidikan, penelitian, penyelenggaraan seminar,” tegasnya.

Upaya mensinergiskan program-program kedua lembaga ini,  “diperlukanlah dukungan dari semua unsur civitas akademika yang ada di lingkungan kampus,” jelasnya.

“Secara legal sektoral Kerjasama antara UIN dengan Komas HAM ini akan ditindak lanjuti oleh Fakultas yang terkait dengan kajian ini,” paparnya.

Bagi Ketua Komnas HAM menuturkan “Kerjasama antara Komnas HAM dengan PT ini yang ketiga. Pertama dengan UII. Kedua dengan UIN Sunan Kali Jaga. Ketiga dengan UIN SGD Bandung,” terangnya.

“Yang terpenting dari MoU ini bukan pada penandatanganananya, tepi yang lebih penting dari kerjasama antara kedua lembega ini bisa diimplementasikan dalam bentuk nyata seperti melakukan penelitian, penyelenggaraan seminar,” pungkasnya. [Ibn Ghifarie, Ahmad Supardi]