UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

UIN SGD Bandung Jajaki Kerjasama dengan Pemprov Jabar

Upaya mencetak sarjana ulama zaman now, UIN Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung melakukan penjajakan kerjasama dengan Biro Pelayanan Sosial Sekretariat Provinsi Jawa Barat dalam bidang pendidikan, sosial kemasyarakatan dan keagamaan.

Kepala Bagian Agama Yansos Jabar, Dr. H. Supriyadi., S. Ag. MH. menerima secara langsung kunjungan kerja Rektor UIN SGD Bandung Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si, diwakili Prof. Dr. Hj. Ulfiah., M. Si, Wakil Rektor IV bidang kerjasama, kelembagaan dan pengembangan, di Gedung Sate, Jl. Diponegoro No.22, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jumat (23/08/2019).

Kepala Biro Yansos menjelaskan tentang visi Jawa Barat untuk 5 tahun kedepan, yaitu “Terwujudnya Jawa Barat Juara Lahir Batin dengan Inovasi dan Kolaborasi’.

Dalam visi ini terdapat nilai religius, nilai bahagia, nilai adil, nilai kolaboratif dan nilai inovatif, yang dijabarkan ke dalam lima misi pembangunan dan sembilan program unggulan.

Kelima misi pembangunan; Pertama, membentuk manusia pancasila yang bertaqwa; melalui peningkatan peran masjid dan tempat ibadah sebagai pusat peradaban, dengan sasaran misi yaitu pesantren juara, masjid juara, dan ulama juara;

Kedua, melahirkan manusia yang berbudaya, berkualitas, bahagia dan produktif melalui peningkatan pelayanan publik yang inovatif;  dengan sasaran misi yaitu kesehatan juara, perempuan juara, olahraga juara, budaya juara, sekolah juara, guru juara, ibu juara, millenial juara, perguruan tinggi juara, dan smk juara;

Ketiga, mempercepat pertumbuhan dan pemerataan pembangunan berbasis lingkungan dan tata ruang yang bekelanjutan melalui peningkatan konektivitas wilayah dan penataan daerah; dengan sasaran misi yaitu transportasi juara, logistik juara, gerbang desa juara, kota juara, pantura juara, pansela juara, dan energi juara;

Keempat, meningkatkan produktivitas dan daya saing ekonomi umat yang sejahtera dan adil melalui pemanfaatan teknologi digital dan kolaborasi dengan pusat-pusat inovasi serta pelaku pembangunan; dengan sasaran misi yaitu nelayan juara, pariwisata juara, lingkungan juara, kelola sampah juara, tanggap bencana juara, ekonomi kreatif juara, buruh juara, industri juara, pasar juara, petani juara, umat juara, umkm juara, dan wirausaha juara; serta

Kelima, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang inovatif dan kepemimpinan yang kolaboratif antara pemerintahan pusat, provinsi, dan kabupaten/kota;dengan sasaran misi yaitu birokrasi juara, APBD juara, ASN juara, dan BUMD juara.

Sedangkan untuk sembilan program uggulan; Pertama, meningkatkan akses pendidikan untuk semua; Kedua, desentralisasi pelayanan kesehatan; Ketiga, meningkatkan pertumbuhan ekonomi berbasis inovasi; Keempat, mengembangkan destinasi dan infrastuktur pariwisata; Kelima, mewujudkan pesantren juara; Keenam, meningkatkan infrastuktur konektivitas wilayah; Ketujuh, gerakan membangun desa; Kedelapan, memberikan subsidi gratis untuk golongan ekonomi lemah; Kesembilan, meningkatkan inovasi pelayanan publik dan penataan daerah.

Menurutnya, “program yang sudah berjalan sangat banyak mulai dari satu pesantren satu produk, english for Ustadz, Sadesa, satu desa satu hafidz, dan yang program – program yang lain yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Tinggal dilihat turunan dari visi, misi untuk dijajaki supaya bisa bersinergi dengan UIN SGD,” tegasnya.

Warek IV, Prof. Dr. Hj. Ulfiah sangat merespon positif ajakan kerjasama Biro Yansos supaya berkesinambungan dalam mewujudkan Jabar juara lahir batin dengan inovasi dan kolaborasi.

Baginya, “bentuk kerjasama bisa dilakukan melalui program beasiswa, mahasiswa UIN SGD boleh magang di instansi pemerintah, KKN yang bisa didanai Pemprov, pertukaran mahasiswa, melakukan penelitian secara bersama-sama dan lintas kampus, pemberdayaan terhadap masyarakat,” paparnya.

Rencananya, dalam waktu dekat akan dilakukan audiensi antara pimpinan UIN SGD Bandung dengan Gubernur Jawa Barat yang difasilitasi oleh Biro Yansos. “Langkah awalnya, akan diadakan acara pertemuan yang berusaha membahas tentang segala bentuk turunan dari kerjasama yang ditindaklanjuti dalam program – program nyata untuk mewujudkan Jabar juara lahir batin,” pungkasnya.