UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

UIN SGD Bandung-BATAN Jalin Kerjasama Nuklir

[www.uinsgd.ac.id] Upaya pemanfaatan nuklir untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, maka UIN Sunan Gunung Djati Bandung melakukan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) yang ditandatangani oleh Rektor, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si dan Kepala BATAN, Prof. Dr. Djarot Sulistio Wisnubroto di Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan (PSTNT) Bandung, Selasa (14/11).   

Kerjasama bidang nuklir ini dikomandoi Fakultas Sains dan Teknologi (FST) dengan melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Dekan  FST, Dr. Opik Taupik Kurahman dengan Kepala PSTNT, Dr. Jupiter Sitorus Pane, M.Sc.

Menurut Dekan FST, MoU dan PKS ini adalah bentuk penguatan kerjasama yang sudah berlangsung dalam riset pemanfaatan nuklir bidang kesehatan, agroteknologi, lingkungan (pengukuran kualitas udara), dan pengaruh radioaktif pada hewan serta tumbuhan.

“Lebih luas lagi, kerjasama terutama diarahkan untuk meningkatkan peran Indonesia sebagai technology provider bagi sesama negara berkembang. Pemanfaatan nuklir bagi produk perekayasaan. Pemanfaatan reaktor riset, NAA, dan program konversi reaktor Triga,” paparnya.

Dekan FST berharap “kerjasama ini dapat meningkatkan publikasi ilimiah pada jurnal internasional berreputasi dalam bidang nuklir oleh kedua belah pihak,” jelasnya.

Secara formal bidang-bidang yang dikerjasamakan antara lain, “pengunaan radioisotop dan radiasi dalam bidang sains dan teknologi; Penggunaan fasilitas penelitian tenaga nuklir; pendidikan peneletian, pertukaran tenaga ahli, serta pertukaran informasi dan data ilmiah,” pungkasnya. [Humas Al-Jamiah]