UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

UIN & Malaysia MoU Pendidikan

[www.uinsgd.ac.id] Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung bekerja sama dengan Sultan Ismail Petra Internasional Islamic College Of Kota Bharu, Kelantan, Malaysia dalam bentuk penulis­an karya akademik, pengajian, dan pendidikan Islam.

Hal tersebut dituangkan pada memorandum of understanding (MoU) antara Rektor UIN SGD Bandung, Prof. Dr. H. Deddy Ismatullah, S.H., M.Hum dengan Rektor Sultan Ismail Petra Internasional Islamic Collece Of Kota Bharu, Kelantan, Malaysia, Prof. Dr. Abdul Aziz Moch. Zein di Gedung Rektorat UIN SGD Bandung, Jalan A.H. Nasution No. 105 Bandung, Kamis (24/4).

Hadir pada kesempatan tersebut seluruh wakil rektor dan dekan UIN SGD Bandung, sedangkan dari Malaysia di antaranya Dr. Idris, Dr. Arsyad Abdullah, serta sejumlah mahasiswa Malaysia yang tengah menuntut ilmu di kampus UIN SGD Bandung.

Deddy Ismatullah mengatakan, MoU sebagai titik tekannya adalah Tri Dharma Perguruan Ting­gi. UIN SGD Bandung sudah melaku­kan kerja sa­ma secara akademik dengan beberapa universitas di Malaysia seperti hasil karya akademik dan bu­da­ya untuk saling mengenal satu sama lain.

Selain itu, lanjut Deddy, kerja sama ini nantinya bukan hanya hasil karya akademik, tapi juga aspek hukum dan segalanya untuk menghadirkan ka­der-kader Islam. Pihak­nya juga akan menjajaki pengiriman dosen ke Ma­laysia sebagai bentuk pe­nyebaran pendidikan di sana.

Rektor Sultan Ismail Petra Internasional Islamic College of Kota Bharu, Malaysia, Prof. Dr. Abdul Aziz Moch. Zein saat ditemui “GM” mengatakan, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada UIN SGD Bandung yang memiliki banyak dosen dengan berbagai pengetahuan keislaman. “Kami tertarik pada para dosen di sini untuk mengajar di Malaysia,” kata Prof. Abdul Aziz.

Sumber, Galamedia 25 April 2013