UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

UIN dan Pemda Garut Tandatangani MoU Kerjasama Perkuat Pemberdayaan Desa

[www.uinsgd.ac.id] Kamis, 11 Februari 2016 bertempat di Aula Pendopo Kabupaten Garut, Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si., bersama Bupati Garut H. Rudy Gunawan, SH., MH., MP., menandatangani nota kesepahaman kerjasama (MoU) antara UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan Pemerintah Kabupaten Garut. Kerjasama secara institusional ini dipandang penting bagi Pemerintah Kabupaten Garut, “karena Pemerintah Garut memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap peran serta Perguruan Tinggi dalam pembangunan daerah pada aspek peningkatan kualitas SDM, pengembangan potensi daerah, serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam upaya mendukung terwujudnya peningkatan kapasitas daerah diberbagai bidang”, tutur Bupati Garut.  

Kegiatan yang merupakan rangkaian acara serah terima peserta KKM 2016 untuk penempatan Kabupaten Garut tersebut menjadi momentum yang baik untuk memulai jalinan kerjasama secara institusional antara UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan Pemerintah Kabupaten Garut dibidang penelitian, pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam sambutannya, Rektor mengatakan bahwa kerjasama kedua belah pihak akan sinergis, karena UIN Sunan Gunung Djati Bandung salah satunya memiliki program KKM yang mempunyai orientasi, visi dan missi yang sejalan dengan harapan Pemerintah dengan mengusung tema “Memberdayakan dan Mercerdaskan” masyarakat desa. Selain itu, dalam mempersiapkan SDM yang unggul dan kompetitif yang berwawasan Qur’ani, UIN akan membangun konsep Rumah Al-Qur’an dimana setiap Pemerintah Daerah mempunyai Rumah Qur’an untuk setiap para mahasiwa hafidz perwakilan daerahnya masing-masing, sehingga selain menguasai bidang sains dan teknologi juga ahli dibidang ilmu agama. Konsep ini diinisiasi atas keprihatinan Rektor yang merasa kian hari kian banyak kehilangan tokoh-tokoh ulama besar, namun minim sekali penerus tokoh-tokoh tersebut. Dengan demikian, program tersebut diharapkan dapat menjembatani kaderisasi intelektual muslim yang dikemudian hari dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat.

Rektor berharap kepada para peserta KKM yang berjumlah 1005 orang yang akan di sebar di tujuh Kecamatan, 39 desa di wilayah Kabupaten Garut akan dapat membantu program Pemerintah dalam upaya membangun Kabupaten Garut yang lebih maju, bermartabat, nyaman dan sejahtera sesuai dengan visi dan missi Kabupaten Garut. Diakhir sambutannya Rektor menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas penerimaan Pemerintah Kabupaten Garut dan atas jalinan kerjasama yang akan dibangun kedepan. 

Bupati Garut juga berharap agar jalinan kerjasama yang telah ditandatangani tersebut dapat mendorong komitmen dan langkah nyata Perguruan Tinggi khususnya UIN Sunan Gunung Djati Bandung, yang lekat dengan tradisi ilmiah, untuk mampu membangun konsep pembangunan daerah yang akuntabel yang dilandasi dari hasil analisa yang cermat dan mendalam. Senada dengan Rektor,  Bupati Garut juga berharap agar peseta KKM dapat memainkan peran dan fungsi utamanya sebagai intelektual muda, yang harus  menyampaikan kebenaran, menjadi agen perubahan yang kritis, konstruktif dan demokratis yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademis, yang pada akhirnya berimplikasi pada tumbuhnya kesadaran kolektif masyarakat dalam partisipasinya membangun potensi daerahnya masing-masing. [Humas Al-Jami’ah]