UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

UIN Bandung akan Jajaki Kerjasama dengan iBOLZ Indonesia untuk Bangun UIN SGD TV

[www.uinsgd.ac.id] Untuk menjawab tingginya kebutuhan publik akan informasi yang akurat dan dapat diakses dengan sangat cepat, mudah, dan murah dibutuhkan sebuah teknologi informasi yang tepat sesuai dengan kebutuhan tersebut. Dewasa ini, media televisi dipandang sebagai salah satu media informasi yang dapat memenuhi kebutuhan informasi tersebut, karena dengan pesawat televisi didukung dengan konektvitas langsung dengan satelit yang membuat kita bisa mengakses informasi dibelahan dunia manapun secara live real time.

Perkembangan teknologi terkini telah memungkinkan setiap institusi, tidak terkecuali institusi pendidikan, untuk mempunyai chanel tv tersendiri yang dapat digunakan untuk sarana sosialisasi informasi yang dibutuhkan oleh stakeholders. Maka dari itu, untuk mendorong kemajuan layanan informasi lembaga, Kepala UPT Perpustakaan UIN SGD Bandung, Dr. Ija Suntana, M.Ag., telah menginisiasi penjajakan kerjasama dengan iBOLZ Indonesia, sebuah Perusahaan pertama didunia yang bergerak dibidang pengembangan teknologi informasi khususnya dalam membangun aplikasi social media TV. Pertemuan penjajakan kerjasama tersebut diselenggarakan di Aula Seminar Perpustakaan UIN SGD Bandung (23/15) yang dihadiri oleh Wakil Rektor I UIN SGD Bandung, Prof. Dr. H. Asep Muhyiddin, M.Ag., Kasubbag Humas dan Dokumentasi Data, Saepudin, M.Ag., Sekretaris Jurusan KPI, Aang Ridwan, M.Ag., Production Manager KPI TV dan para staff UPT Perpustakaan dan Humas UIN SGD Bandung.

Mengawali pembicaraan, Dr. Ija Suntana, M.Ag., sebagai inisiator pertemuan menjelaskan bahwa di era perkembangan teknologi dan informasi ini, menjadi sebuah tuntutan bagi  institusi pendidikan untuk melakukan sebuah terobosan dalam menyediakan berbagai layanan informasi yang dibutuhkan, melalui pemanfaatan perkembangan teknologi. Salah satunya melalui aplikasi social media tv ini. “Dengan program aplikasi social media tv ini, memungkinkan UIN SGD Bandung bisa mempunyai chanel tv tersendiri, dimana seluruh kegiatan akademik dan kemahasiswaan yang didokumentasikan  bisa diakses diseluruh dunia melalui smartphone android, bahkan kegiatan juga bisa disiarkan secara live. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk sarana sosialisasi karya tulis dosen dan mahasiswa, sejalan dengan program pengembangan Digital Library “, tuturnya. Oleh karena itu, Kepala Perpustakaan mengharapkan agar program ini dapat segera direalisasikan.

Lebih lanjut Ramadhan dari pihak iBOLZ Indonesia menjelaskan, bahwa teknologi mutakhir ini dirancang sejak tahun 2009 oleh iBOLZ Indonesia yaitu Perusahaan pembangun aplikasi social media tv yang diciptakan oleh Prof. Igg. Adiwijaya Ph.D, yang memiliki pengalaman selama 20 tahun dibidang Penelitian dan Pengembangan (R&D) Teknologi Informasi (TI) di berbagai lembaga internasional. Menurutnya, dengan menggunakan aplikasi ini, UIN SGD Bandung akan mendapat 2 keuntungan: pertama, sosialisasi institusi baik secara internal maupun eksternal; kedua, profit benefit yang akan didapatkan lembaga dari penayangan iklan stakeholders. Jika selama ini video kegiatan kampus hanya disosialisasikan melalui kanal youtube, maka kedepan bisa ditampilkan di UIN SGD TV tersendiri bahkan kegiatan-kegiatan seminar, talkshow dan kegiatan kampus lainnya dapat disiarkan secara live yang dapat diakses melalui smartphone android, PC/Laptop atau TV set, secara free (gratis) tidak hanya untuk kalangan civitas akademika UIN tetapi juga oleh masyarakat luas.

Tidak hanya itu, iBOLZ Indonesia juga dapat memfasilitasi mengintegrasikan program TV dengan program akademik lainnya seperti KRS Online, informasi jadwal kuliah/ujian/registrasi online, running text real time sesuai dengan informasi yang akan disampaikan, melakukan survei melalui sistem korepondensi dan menjawab secara live dari aplikasi chatting dll. iBOLZ Indonesia adalah penyedia teknologi tv interaktif, dimana konten TV diisi oleh klien (instansi), sehingga dapat merangsang kreativitas klien untuk membuat konten yang berkualitas dan bermanfaat untuk sosialisasi layanan informasi yang dibutuhkan users. Ramadhan juga menyampaikan beberapa contoh instansi baik lembaga pemerintahan maupun Perguruan Tinggi yang telah menjadi klien iBOLZ diantaranya adalah NTMC Polri TV, Kemenperin TV, Paramadina TV, Udayana TV dan sebagainya.  

Dalam sambutan sekaligus tanggapannya, Wakil Rektor I, Prof. Dr. H. Asep Muhyiddin, M.Ag., sangat mengapresiasi langkah Dr. Ija Suntana, M.Ag., untuk menginisiasi kerjasama dalam membangun UIN SGD TV ini kedepan, untuk meningkatkan sosialisasi dan pelayanan informasi UIN SGD Bandung terhadap civitas akademika dan masyarakat luas. Sebagai bentuk tidak lanjut dari penjajakan kerjasama tersebut, Wakil Rektor I akan melakukan koordinasi dengan Wakil Rektor yang lainnya dan konsultasi dengan Rektor UIN SGD Bandung. Wakil Rektor I, juga berharap agar program ini segera direalisasikan dengan menempuh proses prosedural, dan ia juga menginstruksikan kepada unit Perpustakaan, Humas, Jurusan KPI dan KPI TV sebagai corong informasi untuk sinergis dalam menyiapkan langkah-langkah pelaksanaan program tersebut, “karena tentu program UIN SGD TV ini akan membutuhkan modal dan SDM yang handal”, tuturnya. [Humas Al-Jami’ah]