UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Tips & Trik Menulis Ala Raditya Dika

[www.uinsgd.ac.id] Memperingati Hari Buku Nasional (Harbuknas) yang selalu jatuh pada tanggal 17 Mei, Raditya Dika mengajak kepada kita semua untuk selalu menulis apa pun bentuknya. “Hari ini merupakan Hari Buku Nasional. Yu kita selalu untuk menulis,” ungkapnya dalam  Seminar Menulis Kreatif bersama Raditiya Dika yang bertajuk ” Think, Write and actions” yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi (HMPB) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN SGD Bandung di Auditorium Utama, Jumat (17/5)

Radit menjelaskan menuls itu keren, “Menulis adalah cara membuat kita beda dari orang lain dan itulah cara untuk menjawab kegelisahan. Karena menulis itu keres,” tegasnya.

Suasana yang tepat dalam melakukan menulis itu ketika bahagian. “Sebaiknya dalam menulis itu suasana bahagian, bukan pada saat galau karena akan mempengaruhi dalam sebuah penulisan,” jelasnya.

Dika pun memberikan trik dalam penulisan, “Tulislah. Meskipun dalam penulisan lu itu jelek, tetapi berusahalah untuk terus tetap menerima masukan dari orang lain dan yakinkanlah diri untuk selalu menulis karena menulis itu dan ngetik,” tambahnya.

Modal menulis itu percaya diri dan baca, “Supaya tulisanya tetap konsisten maka sering-seringlah membaca buku dan pede aja terhadap apa yang kita tuliskan itu,” pungkasnya. [Ibn Ghifarie]