UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Tim Micro Teaching FTK Gelar ToT Bagi DPL

[www.uinsgd.ac.id] Tim Micro Teaching Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Sunan Gunung Djati Bandung menggelar kegiatan Training of Trainer (ToT) Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan Praktik Latihan Profesi (PLP), yang diikuti oleh sebanyak 90 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), pada Selasa (18/07) bertempat di Aula Utama FTK.

Setelah menerima sejumlah materi training mengenai Teknik Pendampingan Mahasiswa, Teknik Observasi Sekolah dan Teknik Pembelajaran Terbimbing, menurut, Ketua Tim Micro Teaching Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), Dra. Cucu Zenab Subarkah, M.Pd., para Dosen yang mengikuti ToT tersebut akan membimbing sebanyak 946 Orang Mahasiswa Peserta PPL dan PLP, yang akan disebar ke Madrasah Aliyah (MA)/Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Tsanawiyah (MTs)/Sekolah Menengah Pertama, Madrasah Ibtidaiyah (MI)/Sekolah Dasar (SD), dan PAUD/TK baik Negeri maupun Swasta, juga di Kantor Kemenang Kab./Kota diwilayah Jawa Barat.

Setelah menerima ToT tersebut, para DPL juga bertugas mensosialisasikan Program dan melakukan Diseminasi Teknik Pendampingan tersebut kepada para Guru-guru Pamong di Sekolah-sekolah tujuan. “Diseminasi tersebut bertujuan sebagai upaya sinkronisasi Para Peserta PPL/PLP dengan pihak sekolah khususnya para Guru Pamong agar tercipta kebersamaan dalam pencapaian tujuan Program tersebut”, ujar Ketua Tim Micro Teaching FTK. “Bagi DPL Program ini menjadi point tersendiri dalam Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang Pengabdian Kepada Masyarakat”, tambahnya.

Program PPL dan PLP ini dilaksanakan pada semester 7 setelah Pelaksanaan Program Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pengabdian Kepada Masyarakat (KKN Sisdamas), dengan pelaksanaan mulai dari September sampai dengan Desember tahun 2017. [Humas Al-Jamiah]