UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Tim Debat Hukum Keluarga UIN SGD Juara Nasional FLC 2019

Boyong Piala Bergilir Dirjen Badilag MA

Hebat, tim debat hukum Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum Keluarga/Ahwal Syakhsiyah Fakultas Syariah dan Hukum (FSH)  UIN SGD Bandung menjadi juara Family Law Competition (FLC) 2019, yang diselenggarakan  oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Hukum Keluarga UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 21-23 November 2019.

Tim debat HK/AS UIN Bandung, yang  terdiri dari Ahmad Nurhamjah, Ramza Fatria Maulana (Smt VII), dan Syifa Noorlia Fatimah (Smt V), sangat cerdas dan piawai sehingga mampu menundukkan tim dari UIN Lampung  pada final FLC, yang sebelumnya menyisihkan tim UIN Medan pada semifinal.  Tak ayal, mereka berhasil memboyong Piala Bergilir Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama (Dirjen Badilag) Mahkamah Agung RI, dan mendapatkan Uang Pembinaan sejumlah Rp 7 juta.

Menurut Ketua Jurusan HK/AS FSH UIN Bandung, H Burhanuddin, S.Ag, MH, Family Law Competition (FLC) 2019 merupakan ajang kompetisi debat hukum keluarga dan baca kitab tingkat universitas Islam se-Indonesia. Even ini diselenggarakan pertama kalinya oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Hukum Keluarga UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, berlangsung pada 21-23 November 2019, bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia dan Moot Court Community (MCC) UIN Jakarta.

Dijelaskan, debat ini diikuti oleh 45 orang delegasi dari 12 universitas, yaitu IAIN Palopo, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Universitas Islam 45 Bekasi, UII Yogyakarta, IAIN Surakarta, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, UIN Raden Inta Lampung, IAIN Salatiga, UIN Sumatera Utara, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, IAIN Purwokerto, dan UNUSIA Jakarta.

“Mereka turut berpartisipasi dalam acara ini. Nantinya, para delegasi memperebutkan Piala Bergilir Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia,” ujarnya.

Dengan mengusung tema “Membentuk Karakter Akademis Mahasiswa demi Menciptakan Generasi yang Teguh, Kreatif dan Inovatif”, acara Family Law Competition 2019 resmi dibuka oleh Dekan FSH UIN Jakarta, Dr Ahmad Tholabi Kharlie, SH, MH, MA.

Pembukaan acara diisi dengan Stadium General dengan narasumber Sekertaris Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama MA, Drs Arief Hidayat SH MM. “Beliau sangat mengapresiasi acara ini dan berharap bisa menjadi acara tahunan,” katanya.

Debat Hukum Family Law Competition dimenangkan oleh Tim Debat Hukum Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum Keluarga/Ahwal Syakhsiyah FSH UIN SGD Bandung, dengan memboyong Piala Bergilir Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama (Dirjen Badilag) Mahkamah Agung RI dan Uang Pembinaan sebesar Rp. 7 juta.

Dekan FSH UIN Bandung Dr Fauzan Ali Rasyid, M.Si melalui Wakil Dekan III Dr H Aden Rosadi, M.Ag sangat mengapresiasi hasil capaian  mahasiswa HK/AS pada ajang debat hukum yang bereputasi nasional tersebut. Ia berharap, kegiatan seperti ini bisa terus diikuti oleh mahasiswa lainnya untuk mengangkat nama baik kampus di kancah nasional bahkan internasional.

“Selamat kepada Tim Debat Jurusan Hukum Keluarga, atas prestasi yang luar biasa ini. Jangan lupa,  Pak Kajur HK/AS untuk terus mencari bibit-bibit mahasiswa yang berprestasi untuk regenerasi, dan ikut serta dalam even-even lainnya; sehingga visi misi FSH unggul dan kompetitif bisa dicapai secara nyata,” harap Dr Aden. (Nanang Sungkawa)