UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Tiga Kriteria Manusia Unggul

[www.uinsgd.ac.id] Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Andrinof Chaniago, yang hadir sebagai pembicara dalam acara kuliah umum yang diselenggarkan oleh Senat Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN SGD Bandung bertajuk “Fisip Movement 2015” di Aula Fisip, Jumat (27/2).  

Dalam kuliah umumnya menyatakan Kepala Bapenas ini menyatakan bahwa kriteria manusia yang unggul dan berkualitas ada 3, yaitu yang pertama adalah ia harus sehat fisiknya, yang kedua harus cerdas otaknya dan yang ketiga memiliki mentalitas yang baik.

Namun untuk mewujudkan bangsa yang maju tidak cukup ketiga komponen manusia unggul tersebut, “ketiganya harus didukung oleh suatu tatanan sosial yang harmonis dan memiliki kohesivitas”, tuturnya. 

Bagi Rektor, upaya mencipatakan generasi muda yang unggul ini salah satu caranya  melalui kegiatan ini. “Pihak rektorat sangat mengapresiasi kegiatan ini untuk menciptakan generasi yang unggul,” terangnya.

Mengenai karakteristik yang ungggul dan kompetif dari Perguruan Tinggi lainya itu,  mahasiswa dan lulusan UIN SGD Bandung harus memiliki empat kemampuan dasar; Pertama, Kecakapan Bahasa Arab-Inggris. Kedua, Menguasai komputer. Ketiga, Tahfidz Al-Quran minimal zuj 30. Keempat, menguasai kitab kuning untuk tambahan pada Fakultas Agama.” optimisnya

Untuk itu, keterlibatan civitas akademik dalam menciptakan kultur akademik ini bisa dilakukan secara bersama-sama. [Humas Al-Jami’ah]