UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Teater Pena Ramaikan Puncak Milad SUAKA

[www.uinsgd.ac.id] Teater Pena yang digawangi oleh Bidang Seni BEM-J Jurnalistik UIN Bandung hadir kembali memeriahkan Milad SUAKA ke-29. Penampilan perdana mereka mendapat apresiasi yang baik pasalnya sebelumnya mereka hanya tampil pada kegiatan intern Jurnalistik, dan kini Teater Pena hadir memperkenalkan diri kepada khalayak.

Meskipun tidak seluruh anggota Teater Pena hadir, penampilan monolog tetap berlangsung. Penampilan yang diperankan oleh Agung Purnomo sebagai salah seorang birokrat, Nizar Ulumuddin dan Arief Rahman sebagai Mahasiswa.

“Ini pertama kali kalau untuk dialog, sebelumnya kita tampil kabaret di jurusan. Senang tentunya kami diberi kesempatan untuk hadir di lingkup kampus semoga kami kedepannya bisa melebarkan sayap Teater Pena,” ujar anggota Teater Pena, Nizar Ulumuddin, Selasa (20/10).

Diakui ketua koordinator Teater Pena, persiapan yang mendadak dikarenakan seluruh anggota Teater Pena sebelumnya tengah sibuk melaksanakan ospek jurusan. Hal tersebut tidak membuat para pemain putus asa, mereka tetap profesional dalam memainkan perannya masing-masing.

“Pesan dalam penampilan tadi, setiap kampus tentu memiliki birokrasi dan pers kampus sulit untuk menembus birokrasi tersebut, dan mereka harus bekerja keras untuk dapat melewati birokrasi itu,” tutur Ketua Koordinator Teater Pena, Vildri Is Fajar saat ditemui Jurnalpos.

Sebelum naskah dibuat, ketua koordinator mendapatkan gambaran berupa tema yang akan ditampilkan. Tema monolog yang diusung disesuaikan dengan  tema acara Milad SUAKA terkait Payung Hukum Pers Mahasiswa yang seringkali pers dianggap negatif pihak birokrasi.

“Semoga SUAKA tahun berikutnya mengundang Teater Pena kembali. Dan semoga SUAKA semakin menjadi sumber informasi yang independen, paling tajam, aktual, paling menyentil birokrat-birokrat yang ada . Kedepannya memberikan perubahan yang besar terhadap buruh berita kampus,” pungkas Vildri. [Awallina Ilmiakhanza, Ifka Azmi Fauziah/Jurnal Pos]