UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Tahun Ajaran Baru, Rumah Quran Putri Akan Dipindahkan

Lembaga Tahfidz Al-Qur’an UIN Bandung berencana memindahkan Rumah Qur’an (RQ) putri yang berlokasi di dalam kampus 1 ke RQ yang terletak di kampus 3, Kecamatan Cileunyi Wetan, Kabupaten Bandung pada tahun ajaran baru 2019.

Santri yang menghuni RQ merupakan mahasiswa-mahasiswi yang terpilih masuk ke UIN Bandung melalui jalur Tahfidz. RQ kampus 3 UIN Bandung telah dihuni oleh santri putra selama 3 tahun lalu, sejak 2016. Namun, asrama putri masih dalam tahap pembangunan, sehingga santri putri masih bergabung bersama santri putri Mahad Aljamiah.

Wacana pemindahan RQ putri ini telah direncanakan sejak sebelum asrama putri tersebut memulai tahap pembangunan, karena kampus 3 memang diprioritaskan untuk Tahfidz. Namun, baru bisa terealisasi di tahun ajaran baru 2019. Pemindahan RQ putri ini bertujuan untuk memusatkan kegiatan pembelajaran santriwan dan santriwati tahfidz dalam satu lokasi.

Dalam perencanaan pemindahan RQ putri ini terdapat beberapa kendala, seperti yang dijelaskan oleh Ketua Lambaga RQ, Asep Mustofa, “Ada beberapa kendala dalam rencana pemindahan ini, yaitu mahasiswi yang telah nyaman di sini (Kampus 1) yang mana untuk pergi dan pulang ke kampus sangat dekat, harus pindah ke kampus 3 yang terbilang jauh menuju kampus 1 maupun kampus 2,” ucapnya.

Sedangkan, Asep mengungkapkan, bila disediakan mobil angkutan pun akan sangat membingungkan karena mereka memiliki jadwal kuliah yang berbeda-beda. Kendati demikian, perihal transportasi pun dikembalikan pada setiap santriwan-santriwati itu sendiri, jelasnya saat ditemui Senin, (04/03/2019).

Salah satu Santriwati RQ putri, Lutfiyah Arifin berpendapat bahwa sedikit keberatan dengan perpindahan ini karena di sini merupakan tempat yg strategis, memudahkan untuk pergi ke kampus juga ke tempat yang lainnya. Disamping itu, Lutfiyana bersyukur karena RQ putri sudah memiliki gedung sendiri, Lutfiyana juga menyadari bila itu memang yang terbaik, akan menjalaninya dengan ikhlas.

Asep Mustofa berharap “Dengan pemusatan kegiatan tahfidz Quran ini kami berharap dapat meningkatkan kegiatan pembelajaran dan hafalan santriwan santriwati dalam lokasi yang memang dikhususkan untuk  kegiatan tahfidz sehingga menjadi lebih terfokus dan efektif,” pungkasnya penuh harapan.(Riki Baehaki, Nazmi Syahida/Jurnal Pos Media)

Sumber, Jurnal Pos Media 5 Maret 2019