UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Tadarus Fikih Milenial

Selama ini, banyak orang yang beranggapan kalau puasa Ramadhan itu dapat menurunkan produktivitas. Lemas, ngantuk, lapar dan malas sering dijadikan alasan. Padahal, Rasulullah SAW memberikan teladan bahwa di bulan yang mulia ini, banyak amalan positif yang bernilai dan dapat dikerjakan.

Oleh karena itu, kegiatan yang kreatif, produktif dan bernilai ibadah mestinya diciptakan di bulan Ramadhan ini. Event yang akan diselenggarakan oleh Jursan Perbandingan Mazhab dan Hukum (PMH) Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung bisa dijadikan salah satu contoh alternatif. Event yang dapat membawa semua orang untuk ngabuburit tetapi produktif dan menyenangkan.

Hari Selasa 14 Mei 2019, Jurusan yang baru saja mendapatkan nilai akreditasi A ini, akan mengadakan Tadarus Buku Fikih Milenial. Buku yang langsung ditulis sendiri oleh ketua Jurusannya, Dr. Ayi Yunus Rusyana. Buku ini merupakan hasil refleksi pribadinya tentang bagaimana Fikih sebaiknya dipahami oleh dan dalam konteks generasi milenial. Buku Ini penting, karena fikih selalu dianggap doktrin yang kaku, unchangable (tidak dapat berubah) dan ketinggalan zaman. Padahal, Fikih, seperti ditunjukkan di dalam buku ini, sebenarnya bersifat dinamis, fleksibel dan dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman. Dengan gaya tulisan yang ringan, mengalir dan renyah, disertai desain grafis yang menawan, buku ini memang dipersembahkan oleh penulisnya untuk kaum milenial.

Event kreatif ini dikelola oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Perbandingan Mazhab dan Hukum bekerjasama dengan Gerakan Islam Cinta, sebuah komunitas yang aktif mengkampanyekan Islam sebagai agama cinta, ramah dan menjadi rahmat bagi semua manusia dan alam. Event ini akan lebih seru, karena panitia juga akan menampilkan musikalisasi puisi Islam Cinta. Bagi psaerta yang hadir dan beruntung, panitia juga menyediakan doorprize dan hadiah buku dan merchandise menarik lainnya. Nah bagi generasi milenial atau peminat wacana Fikih/Hukum Islam yang tertarik hadir, bisa mendaftar melalui no WA 085591418355.