UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Sinergi Bersama UIN SGD-Kapolrestabes Bandung Untuk Jaga Keutuhan NKRI

Kapolrestabes Bandung siap melakukan sinergi bersama UIN Sunan Gunung Djati dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), khususnya di wilayah Bandung.

Pernyataan itu disampaikan oleh Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol. Ulung Sampurna Jaya, S.I.K., saat silaturahmi dengan Rektor UIN SGD Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si yang berlangsung di gedung O. Djauharuddin AR, Kampus I, Jl, A. H. Nasution No 105 Cipadung Cibiru Kota Bandung, Selasa (10/03/2020).

Menurutnya, silaturahmi ke UIN SGD Bandung yang pertama setelah resmi menjabat sebagai Kapolrestabes Bandung pada Rabu (19/2/2020) yang ditandai dengan upacara serah terima jabatan (Sertijab) di Mapolda Jabar.

“Ini merupakan silaturahmi pertama di tingkat Universitas. Sebagai orang baru di Bandung, sudah menjadi kebiasaan saya dalam menjalankan amanah selalu mengunjungi kampus, universitas, ormas seperti Nu, Muhammadiyah untuk bersilaturahmi agar dapat menjaga wilayah Kota Bandung supaya aman, nyaman, tertib,” tegasnya.

Baginya, silaturahmi ini perlu ditingkatkan dalam rangka menjaga NKRI, “UIN Bandung dengan memiliki 26 ribu mahasiswa, remaja Islam ini memiliki peran dalam memajukan Islam, ikut dalam melaksanakan gerakan subuh berjamaah. Untuk itu, pesan-pesan yang berusaha menjaga keutuhan NKRI perlu ditingkatkan. Semoga silaturahmi ini memberikan manfaat bagi kita semua dan sinergi dengan UIN Bandung ini memperkokoh NKRI,” jelasnya.

Rektor UIN SGD Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si didampingi para Wakil Rektor, Dekan, Kepala Biro, Kepala Bagian sangat mengambut baik silaturahmi dari Kapolrestabes Bandung beserta rombongannya. Saat ini, Jumlah mahasiswa mencapai 26 ribu lebih, terdiri dari 9 fakultas, dan 63 Jurusan/Prodi. UIN SGD Bandung memiliki 3 kampus: Kampus 1 di Cibiru, Kampus 2 di Cimenrang dan Kampus 3 di Cileunyi.

“Selamat datang Kapolrestabes Bandung di kampus I UIN SGD Bandung. Dalam catatan saya, selama lima tahun menjabat baru kali ini kita kedatangan Kapolrestabes Bandung. Mudah-mudahan silaturahmi dengan Kapolres santri ini sebagai ikhtiar kita dalam menjaga keutuhan NKRI, karena di Kampus 3 kita memiliki Rumah Moderasi Beragama sebagai ikhtiar mencetak lulusan UIN SGD yang menyebarluaskan Islam yang moderat, rahmatan lil alamin,” paparnya.

Rektor menegaskan salah satu cara untuk menghadirkan Islam yang moderat ini perlu bersinergi dengan Kapolrestabes Bandung. “Mari kita melakukan kerjasama dan bekerja bersama-sama dengan segala potensi yang dimiliki masing-masing. Mudah-mudahan dengan melakukan sinergi bersama Kapolrestabes Bandung ini dapat memperkokoh Islam rahmatan lil alamin dan meneguhkan keutuhan NKRI,” pungkasnya. (Red)

Sumber, 86 News 10 Maret 2020