UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Seminar Internasional tentang Moderasi Islam

[www.uinsgd.ac.id] Dalam rangka Dies Natalis UIN SGD Bandung ke-48, Fakultas Ushuluddin (FU) bekerjasama dengan Ikatan Alumni Al-Azhar Internasional (IAAI) Mesir Cabang Indonesia menggelar acara Seminar Internasional Moderasi Islam (Membangun Sikap Moderat dalam Perbedaan) dengan menghadirkan pembicara Dr. Ibrahim Lutfi Sayyid, dosen Universitas Al-Azhar Kairo yang dipandu oleh Dr. H. Engkos Kosasih, M.Ag., Wakil Dekan III, Selasa (29/3).

Seminar Internasional ini dibuka secara resmi oleh Dekan FU, Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag, dalam sambutanya Dekan menjelaskan,  “dengan adanya acara Seminar ini dalam rangka menyambut Dies UIN SGD Bandung ke-48 menegaskan keberadaaan Fakultas Ushuluddin sebagai etalase pemikiran di lingkungan kampus yang terbuka terhadap segala wacana pemikiran,” terangnya.

Mengingat Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang tinggi melakukan tindakana kekerasan agama. Dekan berharap, “keberadaan mahasiswa dan lulusan Fakultas Ushuluddin harus menjadi duta-duta damai dalam ikut serta menciptakan perdamaian, kerukunan di Jawa Barat,” optimisnya.

Menurut Ibrahim upaya menciptakan perdamaian ini harus dimulai dengan meneladani akhlak Rasulullah, “syarat untuk menciptakan moderasi Islam itu keadilan dan keseimbangan, sehingga melahirkan umat terbaik yang selalu mencontoh dan meneladani Rasul,” paparnya.

Melihat cinta Islam yang digambarkan sebagai agama kekerasan, pelaku teror, Ibrahim merasa sedih, “Salah satu caranya dengan menyebarluaskan Islam bagi seluruh alam dengan menjadikan Rasul sebagai model terbaik untuk menciptakan moderasi Islam,” pungkasnya. [Humas Al-Jamiah]