UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Seleksi Wawancara Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji

[www.uinsgd.ac.id] Sebanyak 280 peserta mengikuti Seleksi Wawancara Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat Tahun 2016 yang diselenggarakan di Aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Rabu (23/3). 

Menurut Ketua Pelaksana yang juga Dekan FDK, Dr. Ahmad Sarbini, M.Ag. menjelaskan ujian ini merupakan salah satu upaya mencetak pembimbing manasik haji, khusus di lingkungan Kanwil Jabar yang unggul dan profesional. “dari 415 peserta yang mendaptarkan diri, maka 280 peserta yang mengikuti ujian sertifikasi yang tersebar dari utusan Kemenag Kota, Kabupaten, KBIH, Yayasan dan Ormas Islam,” terangnya.

Mengenai materi yang diujikan itu “kelengkapan persyaratan administrasi, portofolio, baca dan tulis Al-Quran,” paparnya.  

Dekan FDK berharap, “dengan adanya ujian ini merupakan salah satu upaya mencetak pembimbing manasik haji, khusus di lingkungan Kanwil Jabar yang unggul dan profesional. Jika kita berhasil menghantarkan pembimbing haji yang unggul dan profesional, maka menjadi kebanggaan kampus dan Kanwil Jabar,” sambungnya.

Untuk penyampaian hasil verifikasi dan wawancara dari asesor UIN SGD Bandung ke panitia sertifikasi pada tanggal 24 Maret 2016, pengumuman penetapan peserta yang berhak mengikuti sertifikasi oleh Kepala Kanwil Kemenag pada tanggal 26 Maret dan pelaksanaan sertifikasi bertempat di Asrama Haji Bekasi dari tanggal 28 Maret sampai 6 April 2016.

Seluruh pengumuman kelulusan dapat dilihat pada laman http://sertifikasi.hajijabar.info/ dan http://jabar.kemenag.go.id/ [Humas Al-Jamiah]