UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Sekolah Menulis Artikel Jurnal

[www.uinsgd.ac.id] Sebanyak 15 peserta yang terdiri dari dosen, mahasiswa UIN SGD Bandung mengikuti Sekolah Menulis Artikel Jurnal bersama Prof. Dr. Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP, MT. (Wakil Rektor IV) yang dipandu oleh Dr. Wahyudi Darmalaksana, M. Ag  di Aula Pusat Penelitian dan Penerbitan, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Selasa (7/3).

Wakil Rektor IV, Prof. Ali menjelaskan menulis artikel jurnal ilmiah merupakan bagian dari kewajiban akademik. “Menulis dan mempublikasikan penelitian dalam bentuk artikel di jurnal terakreditasi itu fardhu ain bagi dosen, mahasiswa sebagia akademisi,” tegasnya.

Dalam pertemuan pertama ini, Prof Ali memberikan motivasi kepada peserta untuk terus belajar menulis artikel dengan syarat utama, “Kuncinya, berani menulis dan percaya diri untuk terus pempublikasikan hasil penelitianya dalam bentuk tulisan berbahasa Inggris. Namun, bagi yang belum terbiasa mempublikasikan artikel jurnal berbahasa Inggris, berani menulis dan percaya diri itu menjadi modal utama bagi dosen, mahasiswa yang ingin mempublikasikan hasil penelitianya di jurnal terakreditasi,” sambungnya.

Prof Ali memandu peraktik menulis artikel jurnal untuk abstrak. “Syarat fardhu ain dalam abstrak itu harus memuat, tujuan, metodologi, hasil, kesimpula, sedangkan background, originality dan kontributor tidak seharusnya ada,” pesanya.

Menurut  Ketua Pusat Penelitian dan Penerbitan, Dr. Wahyudi menuturkan “Sekolah ini disiapkan untuk target pencapaian jumlah publikasi artikel jurnal. Setiap peserta didampingi oleh ahli untuk menuangkan hasil penelitian menjadi bahan artikel. Penilai disiapkan untuk menelaah bahan artikel tersebut sebelum dikirim ke publisher jurnal,” paparnya. 

Sekolah menulis artikel jurnal bersama Prof. Dr. Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP, MT merupakan angkatan pertama. “Sekolah inisiatif pertama ini dibagi kedalam tiga kelas; kelas satu bagi mereka yang menulis dari nol; kelas dua bagi mereka yang sudah memeiliki bahan tulisan; kelas ketiga bagi yang sudah final dan tulisanya siap dipublikasikan ke jurnal terakreditasi. Untuk yang sudah diterima tulisan artikelnya, maka dilakukan diwisudanya.”

Sekolah menulis artikel jurnal ini tidak hanya dengan Prof. Dr. Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP, MT, tapi bersama Prof. Dr. H. M. Anton Athoillah, MM dan Prof. Dr. H. Sulasman, M.Hum. “Sekolah menulis artikel jurnal ini ada tiga kelas, pertama bersama Prof Ali setiap hari selasa, kedua bersama Prof Anton dan ketiga bersama Prof. Sulasman. Untuk rencana kedepannya sekolah menulis artikel jurnal diadakan untuk guru, praktisi dan pendamping komunitas,” pungkasnya. [Humas Al-Jamiah]