UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Sebelum Jadi Hakim, Alumni FSH Digodok di Posbakum

Layanan Pos Bantuan Hukum (Posbakum) dapat melatih para sarjana yang baru lulus dari Fakultas Syari’ah dan Hukum terampil dalam membantu berperkara di Pengadilan Agama, sebelum mereka terjun menggeluti profesi lowyer atau hakim. Mereka juga dapat mengamalkan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah.

Demikian penegasan Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Dr H Ah Fathonih, M.Ag usai penandatanganan nota kesepahaman Kerjasama Pelayanan Posbakum tahun anggaran 2019 dengan Pengadilan Agama Soreang, belum lama ini. “Selain itu, Layanan Posbakum sebagai pengejawantahan Tri Dharma Perguruan Tinggi aspek pengabdian masyarakat,” katanya.   

Petugas yang diterjunkan dalam Program Posbakum, lanjut Dr Fathonih, adalah mereka yang telah dilatih dan terampil serta yang siap mengabdi dan memiliki keluhuran akhlak. Ia berharap agar PA di Wilayah PTA Jawa Barat yang mendapat anggaran di tahun 2019 bisa melakukan kerjasmasama dengan Fakultas Syari’ah dan Hukum.

“Kami ucapkan terimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan oleh Pengadilan Agama Soreang kepada Fakultas Syariah dan Hukum UIN Bandung,” ujar Dr Fathonih, seraya menjelaskan bahwa hingga saat ini Fakultas Syari’ah dan Hukum dalam beberapa tahun ini sudah melakukan MoU Posbakum dengan 8 Pengadilan Agama di wilayah kerja PTA Jawa Barat.

Menurut Ketua Pengadilan Agama Soreang, Jati Muharramsyah, Posbakum amat membantu Pengadilan Agama dalam memberikan layanan bagi orang yang tidak mampu dalam berperkara di Pengadilan Agama Soreang. Terlebih, perkara yang masuk per bulannya luar biasa banyaknya.  

“Kami percaya, petugas yang diberi mandat oleh Fakultas Syariah dan Hukum UIN SGD Bandung, adalah alumni terpilih, terlatih dan telah dibekali keterampilan. Dan selama berjalannya Program ini, mereka bekerja dan memberikan layanan sesuai dengan SOP. Salah satunya adalah memberikan layanan Cuma-Cuma atau tidak dipungut biaya,” katanya.

Penandatanganan kerjasama Posbakum oleh Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Dr H Ah Fathonih, M.Ag  dengan Ketua Pengadilan Agama Soreang  HM Jati Muharramsyah, S.Ag. SH, MH  ini, disaksikan Koordinator BKLHK dan Petugas POSBAKUM dari pihak kampus dan Sekretraris, panitera, dan PPK dari PA Soreang.[nanang sungkawa]