UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Sastra Inggris Gelar Pementasan Drama

[www.uinsgd.ac.id] Dalam rangka memenuhi tugas ujian akhir semester (UAS) genap tahun akademik 2015-2016 pada mata kuliah drama dengan dosen pengampu Yoga Sudarisman, MA dan poetic devices Pepi Siti Paturrohmah, SS., M.Pd., maka jurusan Sastra Inggris (SI) Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN SGD Bandung menggelar acara Play With Poetry yang dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan III FAH, Dr. Dadan Rusmana, M.Ag, yang didampingi oleh Ketua Jurusan Sastra Inggris, Lili Awaludin, MA di gedung Abjan Soelaeman, Kamis (19/5).

Dalam sambutannya Wakil Dekan III sangat mengapresiasi atas terselenggaranya UAS ini dalam bentuk pentas seni drama untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di lingkungan Fakultas Adab dan Humaniora. “Untuk kedepanya, kolaborasi pembelajaran model seperti ini perlu ditingkatkan. Rencananya antara Fakultas Adab di lingkungan UIN se-Indonesia perlu dirancang dan dibuat dalam bentuk kegiatan-kegiatan bersama secara nasional yang akan diselenggarakan di UIN Jakarta atau UIN Malang atau UIN Surabaya atau UIN Aceh untuk mneingkatkan proses pembelajaran,” paparnya.

Dengan adanya play with poetry dan pembukaan Milad SI ke-18 ini diharapkan bisa menjadi khasan Fakultas untuk menciptakan lulusan yang unggul, kompetitif yang berdasarkan pada khazanah lokal. “Mudah-mudahan kita bisa mengambil manfaat dari acara ini untuk mengingkatkan kualitas keilmuan dan pembelajaran di Fakultas, sehingga cita-cita mewujudkan lulusan yang unggul, kompetitif berbasis khazanah lokal ini segera terwujud,” optimisnya.

Menurut Ketua Jurusan SI, menjelaskan kegiatan ini merupakan rangkaian dari pembukaan Milad SI ke-18 dan UAS mata kuliah drama dan poetic devices. “Sebanyak 242 mahasiswa SI semester 4 mengikuti UAS dalam bentuk pementasan seni drama ini yang dibagi 5 kelompok berdasarkan kelas masing-masing.”

Ketua Jurusan SI berharap dengan adanya peraktik pementasan drama ini mampu memberikan wawasan dan pengalaman mendalam tentang arti penting drama. “Oleh karena itu, pementasan ini tidak hanya berhenti pada aspek kognisi dan mengetahui apa itu sutradara, adegan, tata letak dan lai-lain. Akan tetapi seluruh mahasiswa SI mampu memiliki dan menguasai keratampilan drama dan pengalaman yang telah diperaktekan dalam bentuk pementasan,” pungkasnya. [Humas Al-Jamiah]