UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Saintek UIN SGD Siap Raih ISO 9001:2008

[www.uinsgd.ac.id] Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, Dr. H. Opik Taupik Kurahman dan  jajarannya bertekad untuk mewujudkan fakultas Saintek berkualitas, unggul dan kompetitif.  Salah satu prioritas program sebagai  komitmen membangun tatanan akademik bermutu adalah  dengan mempersiapkan untuk meraih ISO 9001:2008. ” Kami beserta elemen fakultas  berupaya keras untuk membangun iklim akademis yang kondusif, sinergis dan bermutu, dalam mewujudkan visi misi kedepan.  Salah satunya berupaya mendorong agar fakultas saintek bisa meraih sertifikat  ISO 9001:2008 ” ungkap Dekan disela-sela kegiatan Workshop ” Sistem Mutu Pendidikan Tinggi Berbasis ISO 9001:2008, di Auditorium Fakultas Saintek, baru baru ini.

Dekan  menargetkan sertifikasi menuju ISO 9001:2008 bisa selesai dalam tempo waktu kurang lebih  4 bulan dengan menggelar  berbagai kegiatan sertifikasi yakni Workshop pertama,  dengan memberikan pemahaman tentang sistem manajemen berbasis ISO 9001:2008, dihadiri  semua Stakeholder dan yang kedua pertemuan membahas isi materi ertifikasi  dihadiri  Dekan, Wadek, Kajur dan unsur lain.
” Ya kita  di intensifkan saja, lebih cepat lebih bagus, semua harus terlibat dan proaktif, biar hasilnya oftimal dan maksimal, ” ujar Dekan Oftimis.
Kegiatan sebagai persiapan meraih ISO 9001:2008 tersebut, di hadiri Stakeholder  fakultas saintek dengan pemateri  Prof. Ir.H.Imron Abdus Syukur, Ph.D dari PT. Kanoman Putra Mandiri dan Yayasan  Roudhotul  Mutataqin.

Dekan mengatakan jika sistem manajemen pendidikan fakultas saintek sudah mendapat pengakuan ISO 9001:2008, berarti kita sudah memenuhi kreteria standar International untuk manajemen  mutu. Sedangkan fungsi dengan mendapat ISO9001:2008 bagi dunia akademik adalah semua civitas akademik punya komitmen untuk taat azas sesuai standar yang telah ditentukan,  memiliki sense of service, sense of quality,sense of improvement, dan sense of responsibility,  memperbaiki dan membangun  kepercayaan, citra lembaga dan kepuasan pelayanan akedemik dan  meningkatkan produktifitas dan mutu layanan melalui tim kerja yang baik, kontrol  yang kuat  terhadap semua  proses layanan.

Ditegaskan Dekan, Keberadaan ISO 9001 :2008 tidak berbenturan dengan BAN-PT  justru sebaliknya saling mendukung dan melengkapi., bahkan ISO mendukung tujuh standar dari BAN-PT ” ISO 9001:2008 sebagai audit eksternal posisinya sangat strategis dan  bisa menjadi media untuk berkiprah dan bersaing ditingkat internasional, sebab, publik bisa menilai jika lembaga pendidikannya berkualitas maka, lulusannya juga berkualitas, ” ujarnya.
 Sementara, Ketua Prodi Teknik Informatika, H.Cecep Nurul Alam, MT mengungkapkan beberapa persiapan menuju ISO 9001:2008 yakni memberikan pemahaman kepada  Stakeholder tentang pentingnya ISO 9001:2008, dengan menyiapkan strategi implementasi, aplikasi dilapangan, melakukan monitoring atau pengawasan dan sertifikasi ISO. Adapun strategi supaya bisa mencapai target dengan membentuk Tim kerja solid, sosilisasi yang berkesinambungan, monitoring yang ketat, pelaksanaan dan audit mutu internal yang tepat dan akurat. Sedangkan yang menjadi penilaian kegiatan ISO adalah proses akademis bukan jasa.
Cecep berharap dengan bisa di raihnya ISO 9001:2008  proses akademik bisa lebih terencana  ,terarah, akurat dan cepat sebagai bentuk sistem manajemen mutu  pendidikan yang berkualitas. (har)