UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Rubrik Baru : “Halaqah”

Keberadaan UIN tidak bisa dilepaskan dari perkembangan dan dinamika hidup masyarakat, baik dalam kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara. Sebagai lembaga perguruan tinggi negeri, sudah barang tentu memiliki tanggung jawab moral dan akademik untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan masyarakat itu.

Pusat Informasi dan Komputer (Pusinfokom), sebagai bagian dari pelaksana teknis dalam menjabarkan visi, misi, dan program UIN sesuai dengan tupoksinya, ingin memberikan beragam informasi yang kontributif, solutif, dan pencerahan kepada  masyarakat dan pemerintah melalui rubrik baru yang akan kami luncurkan yaitu “Halaqah”. Sesuai dengan namanya, halaqah merupakan bentuk diskusi, tukar informasi dan pemikiran berkaitan dengan isu-isu sosial politik, ekonomi, dan sosial keagamaan yang berkembang di masyarakat.

Penamaan “halaqah”, terinspirasi oleh lingkaran kajian Hasan Bisri di zaman awal-awal kekuasaan Dinasti Abbasiyah, yang dari lingkaran itu muncul seorang pencetus paham Mu’tazilah yaitu Washil bin Atha’, kelompok kajian ini kemudian disebut ‘Halaqah’ yang berfungsi mengkaji masalah-masalah sosial, politik dan keagamaan saat itu.  Demikian juga Rubrik ini diharapkan selain menyoroti masalah-masalah sosial, politik dan keagamaan yang terjadi, tapi juga  diharapkan akan menginspirasi lahirnya generasi-generasi baru yang memiliki wawasan futuristik dan mencerahkan dalam memandang  dan mencari solusi berbagai macam persoalan yang dikaji dalam perspektif Islam.

Sejalan dengan penerbitan rubrik baru itu, pada kesempatan ini  kami informasikan pula bahwa publikasi yang selama ini disajikan melalui Web, selain informasi tentang internal kampus, juga berupaya secara terus menerus meningkatkan informasi ilmiah, renungan-renungan religius serta info lainnya. Disamping meningkatkan konten web, telah dilakukan pula peningkatan performa mesin server dengan pengadaan server baru. Sedangkan untuk menambah variasi estetikanya, kami pun mengganti ‘baju’ web ini dengan ‘baju baru’. Sedianya baju web ini ditampilkan di awal Tahun ini, namun karena satu dan lain hal termasuk tidak turut latah ‘tahun baruan’, maka beberapa minggu kemudian baru dilakukan perubahan template. Tiada lain harapannya, bahwa web ini selain kontributif, tapi juga menyenangkan untuk dipandang. Mudah-mudahan harapan ini tidak meleset dan bisa dinikmati oleh para pengunjung. Semoga.

Redaksi

Adeng Muchtar Ghazali
Agus Sulton