Rektor UIN SGD Terima Penghargaan Karena Wisata Halal

Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD), Prof Mahmud menerima penghargaan untuk kategori sinergi kolaborasi program konservasi pengembangan wisata halal dari Bupati Bandung, Dadang Naser. Penyerahaan piagam dilakukan langsung oleh bupati di acara Jambore Lingkungan II di Gedong Budaya Sabilulungan (GBS), Senin (16/12).

“Kami berharap momen ini bisa dijadikan sebagai ajang kampanye, edukasi, serta sharing dalam rangka meningkatkan kualitas lingkungan,” ujar Bupati Bandung, Dadang M Naser.

Dalam acara tersebut, Bupati pun memberikan puluhan penghargaan kepada masyarakat yang berperan aktif dalam meningkatkan kualitas lingkungan. Rektor UIN SGD Bandung, Prof Mahmud yang didampingi Ketua Jurusan Ekonomi Syari’ah Muhammad Hasanuddin, mengapresiasi ikhtiar Bupati Bandung dalam meningkatkan kualitas lingkungan. Termasuk dukungan yang diberikan kepada dosen yang menginisasi desa ecowisata halal di Kawasan Indragiri, Rancabali.

“Alhamdulillah, saya atas nama Rektor UIN SGD Bandung mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bandung,” ujar Rektor UIN SGD.

Hasan, salah satu inisiator desa ecowisata halal mengatakan program tersebut bagian dari inovasi pemberdayaan masyarakat pedesaan berbasis lingkungan dan budaya lokal serta nilai-nilai religius. Ia berharap desa ecowisata menjadi laboratorium inklusif bagi warga kampus yang memberdayakan.

Menurutnya, inisiator desa ecowisata halal dilakukan olehnya bersama Sofian Al Hakim dan didukung dosen senior, Atang Abd Hakim. Katanya, desa ecowisata halal bagian dari riset yang dilakukan terkait Manajemen Hotel Syariah pada 2016, riset Pariwisata Halal di Nusa Tenggara Barat dan Aceh pada tahun 2017 dan tahun 2018 riset wisata halal di Singapura dan Malaysia.

Sumber, Republika Rabu 18 Des 2019 12:33 WIB

WhatsApp
Facebook
Telegram
Print
Twitter