UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Rektor UIN SGD Raih Penghargaan Honorary Police Polda Jabar

[www.uinsgd.ac.id] Rektor UIN SGD Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si menerima penghargaan Honorary Police dari Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol. Anton Charliyan bersama Rektor Unpad Tri Hanggono Ahmad, Rektor UPI Furqon, Wali Kota Bandung Ridwan Kami, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, Manajer Persib Umuh Muchtar, Ketua PW NU Jawa Barat Hasan Nuril Hidayatulloh, Ketua Ponpes Gedongan Amin Siroj, Ketua Ponpes Benda Hasan, Ketua Gereja Katedral Pastur Leo, Ketua LSM Mangga Jhoni Hidayat, Direktur Galamedia Hilman Djayadiredja, Direktur Tribun Jabar Pitoyo, Ketua Yayasan Buddha Tsu Chi Herman Widjaja, Marsekal Muda (Purn) Dede Rusamsi di Mapolda Jabar, jumat (17/2).

Pemberian penghargaan dilakukan langsung oleh Kapolda Jabar. Penerima penghargaan diberikan medali dan disematkan sebuah pin emas. “Saat ini Polri sedang mencari jati diri, figur. Dalam rangka peningkata kepercayaan masyarakat, kami butuh figur. Di luar Negeri banyak figur, tetapi ternyata di Jabar pun banyak tokoh dan figur yang bisa diteladani,” katanya.

Kapolda Jabar mengatakan, pemilihan tokoh-tokoh yang mendapat penghargaan ini berdasarkan hasil rapat internal dan juga usulan dari tim khusus yang dibentuk. Ke-16 tokoh ini dipilih karena telah berjasa di bidangnya masing-masing. “Tokoh-tokoh ini sudah punya jasa dan prestasi membantu kepolisian dalam wujud menjaga Kamtibmas,” katanya.

Pemilihan nama-nama tokoh ini sebelumnya sudah dibahas oleh tim khusus. Pada intinya, kriteria yang digunakan adalah tokoh yang memiliki kontribusi untuk bidangnya masing-masing. Sedianya, pemberian penghargaan serupa akan diberikan secara berkala.

Kapolda Jabar mengatakan, pemberian penghargaan ini sekaligus menambah lingkup kekeluargaan di lingkungan Polda Jawa Barat. Tidak hanya itu, jasa yang sudah ditunjukkan diharapkan mampu menjadi inspirasi dan teladan. “Menjadi contoh lebih penting daripada memberikan perintah. Satu perbuatan lebih bermakna daripada seribu kata,” ujarnya.