UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Rektor UIN SGD Lantik 16 Pejabat Kabinet Baru

Satu Dekan Baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Rektor UIN SGD Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si melantik Wakil Rektor, Dekan, Direktur Pascasarjana, Ketua Lembaga di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung periode 2019-2023 yang berlangsung di gedung O. Djauharuddin AR, Kampus I, Jl. A.H. Nasution No. 105 Cipadung Cibiru Kota Bandung, Kamis (15/08/2019).

Ada 16 pejabat yang dilantik, yakni Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag., Wakil Rektor I bidang Akademik; Dr. H. Tedi Priatna, M.Ag., Wakil Rektor II bidang Administrasi, Perencanaan dan Kepegawaian; Dr. H. Ah. Fathonih, M.Ag., Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Alumni; Prof. Dr. Hj. Ulfiah, M.Si., Wakil Rektor bidang Kerjasama;

Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Dekan Fakultas Ushuluddin (FU); Dr. Fauzan Ali Rasyid, M.Si, Dekan Fakultas Syariah dan Hukum (FSH); Prof. Dr. Hj. Aan Hasanah, M.Ed., Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK); Dr. H. Setia Gumilar, S.Ag.,M.Si, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora (FAH); Dr. H. Ahmad Sarbini, M.Ag., Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK); Dr. Hj. Hasniah Aliah, M.Si, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FST); Dr. Agus Abdul Rahman, S.Psi., M.Psi., Dekan Fakultas Psikologi (FPsi); Ahmad Ali Nurdin, Ph.D, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP); Dr. H. Dudang Godjali, M.Ag, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI);

Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP, MT., Direktur Pascasarjana; Dr. H. Ija Suntana, M.Ag, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM); Dr. Husnul Qodim, S.Ag., M.A, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), seperti yang dibacakan oleh Kepala Bagian Kepegawaian dan Organisasi, Deni Supiadi, S.Ag., MM.

Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. H. Jaenudin, M. Ag., Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan, Drs. H. Akhmad Lutfi, M.M., bertindak sebagai saksi dalam pelantikan Wakil Rektor, Dekan, Direktur Pascasarjana, dan Ketua Lemabaga di lingkungan UIN SGD Bandung.

Dalam amanatnya rektor mengingatkan kepada pejabat yang baru dilantik supaya menjadikan jabatan sebagai amanah dan tiket ke surga. Jabatan itu bukan fasilitas, melainkan amanah yang harus dijaga dengan sebaik-baiknya. Dan, amanah ini bakal dipertanggungjawabkan di dunia dan di akhiat.

“Sesungguhnya pemimpin itu amanah. Apa pun amanahnya harus dilaksanakan dan sekecil apa pun tugasnya harus dijalankan, kapan pun dimana pun, untuk mendapat ridho Allah,” jelas rektor.

Untuk mewujudkan kampus UIN SGD Bandung yang unggul, bermartabat dan bisa kompetitif di kawasan Asia Tenggara, tentunya segala prestasi yang telah diraih mulai dari Akreditasi Prodi yang mendapatkan nilai A hanya 4 Prodi menjadi 22 Prodi, sampai akreditasi perguruan tinggi (APT) dari B menjadi A.

Semuanya harus ditingkatkan kearah yang lebih baik. Untuk Prodi yang mendapatkan nilai A mesti mempersiapkan diri dan belajar dari AUN-QA (ASEAN University Network on Higher Education for Quality Assurance).

“Bagi Ketua Prodi yang mendapatkan nilai A akan melakukan studi banding ke negara Asia Tenggara dan pulangnya harus bisa belajar dari lembaga akreditasi AUN QA,” tandas rektor.

Upaya peningkatan mutu dan standarisasi pengelolaan pendidikan tinggi agar bisa kompetitif di kawasan Asia Tenggara di era revolusi industri 4.0 ini mesti memiliki empat kompetensi; kompetitif, kreatif, kolaboratif dan komunikatif.

Ajaran Islam telah mengajarkan kompetisi yang dimiliki seorang muslim. Rektor mengutip Alquran Surat Al ‘Ashr. Demi masa, Demi waktu. Mengajarkan kita untuk menghargai zaman yang dilandasi dengan keimanan, ketakwaan baru menghadirkan karya, amal shaleh dengan cara kompetitif, kreatif, kolaboratif dan komunikatif.

“Mari kita pertontonkan segala kebaikan, karya dengan melakukan kerjasama dan sama-sama bekerja.Caranya, berikanlah pekerjaan yang terbaik pada jabatan baru dan pertontonkan segala kinerja yang baik itu untuk dijadikan teladan bersama dalam melakukan perubahan kearah yang lebih baik bagi kampus tercinta ini,” pungkas rektor.

Serah terima dari pejabatan lama ke pejabatan baru dilakukan secara simbolik diwakilkan oleh Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag., kepada Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag. Ucapan selamat kepada 16 pejabat baru di lingkungan UIN SGD Bandung dimulai dari Rektor yang diikuti Wakil Rektor lama, Kepala Biro dan peserta yang menghadiri pelantikan.[rls/IS]

Sumber, Intro News 16 Agustus 2019