UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Rektor Lantik 5431 Mahasiswa Baru

[www.uinsgd.ac.id] Rektor UIN Sunan Gunung Djati, Prof. Dr. H. Dedy Ismatullah, M.Hum melantik sejumlah 5431 mahasiswa baru tahun akademik 2013/2014 pada prosesi Sidang Senat Terbuka dalam rangka Penerimaan dan Orientasi Pengenalan Akademik (OPAK) dengan menghadirkan Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo di Aula Utama UIN SGD Bandung, Kamis (29/8).

Dalam sambutanya Rektor menyambut mahasiswa agar siap untuk belajar menjadi kader bangsa dan negara. “Saya mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru dan selamat bergabung di kampus UIN SGD Bandung. Mahasiswa sebagai iron stock berarti  mahasiswa seorang calon pemimpin bangsa masa depan, menggantikan generasi yang telah ada dan melanjutkan tongkat estafet pembangunan dan perubahan,” tegasnya.

“Mudah mudahan dengan adanya OPAK ini bisa terlahir kader bangsa, negara. Untuk itu, gantungkan rasa optimis atau cita-cita saudara setinggi langit untuk memiliki rasa bangga terhadap kampus tercinta ini,” sambungnya. 

Sebagai generasi penerus, mahasiswa diharapkan mampu menjadi manusia modern, yang mempunyai ciri-ciri lebih mudah menerima dan menyesuaikan diri kepada perubahan-perubahan, lebih ahli dalam menyatakan pendapatnya, memiliki rasa tanggung jawab, lebih berorientasi ke masa depan, lebih mepunyai kesadaran mengenai waktu, organisasi, teknologi, dan ilmu pengetahuan.

Rektor berharap sebagai mahasiswa UIN SGD Bandung, “diharapkan memiliki 4 kompetensi; Pertama, Hapal Al-Qur’an (Minimal 3 Juz). Kedua, Menguasai Teknologi Komputer.Ketiga, Menguasai Bahasa (Bahasa Arab dan Inggris). Keempat, Menguasai bacaan kitab kuning,” terangnya.

Dengan adanya Menpora ke UIN SGD Bandung ini bisa terlahir Fakultas Ilmu Keolahragaan, “Kehadiran Menpora dalam OPAK ini menjadi dosen tamu di Fakultas Sains dan Teknologi. UIN siap mendukung dan mensukseskan segala program Menpora yang berkenaan dengan kepemudaan dan keolahragaan, sehingga di UIN ini terlahir Fakultas Ilmu Keolahragaan,”  paparnya.

Bagi Menpora “Dengan diakui dan menjadi bagian dari Keluarga Besar UIN SGD sudah sepantasnya saya sesekali akan mengajar, melakukan Seminar yang tidak hanya di Fakultas Sains dan Teknologi, tapi semua Fakultas di UIN SGD Bandung,” tegasnya.

Untuk menjadi kampus yang bisa melahirkan pemimpin bangsa “Rasa bangga terhadap kampus perlu ditumbuhkan terhadap mahasiswa sejak menjadi mahasiswa baru yang sekrang mengikuti OPAK.”

Mengenai teknologi “Mahasiswa harus cerdas dan tanggap terhadap teknologi seperti yang dijelaskan oleh Rektor bahwa mahasiswa UIN SGD Bandung harus memiliki 4 kompetisi. Salah satunya menguasai teknologi komputer,” jelasnya.

Dalam OPAK ini dilakukan kerjasama antara UIN SGD Bandung yang dipimpin oleh Rektor, Prof. Dr. H. Dedy Ismatullah, M.Hum dengan Kementeri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo pada bidang kepemudaan dan keolahragaan. []