UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Rektor Lantik 4096 Mahasiswa Baru

[www.uinsgd.ac.id] Rektor UIN Sunan Gunung Djati, Prof. Dr. H. Dedy Ismatullah, M.Hum melantik sejumlah 4096 mahasiswa baru hari ini, Selasa (28/08/2012). Ke 4000 mahasiswa tersebut sekaligus mengikuti kegiatan orientasi pengenalan kampus (OPAK) di Aula Utama UIN.

Menurut Hamdin, Ketua Pelaksana OPAK menyatakan bahwa orientasi pengenalan kampus ini terdiri dari tiga unsure,”Universitas secara keseluruhan dengan pihak Rektorat, program masing-masing fakultas dengan pihak dekanant, serta pengenalan jurusan oleh masing-masing ketua jurusan.” Ia berharap agar semua mahasiswa bisa terlibat aktif dalam kegiatan tersebut

Sementara itu, Prof. Dr. H. Dedy Ismatullah, M.Hum, selaku Rektor menyambut mahasiswa agar siap untuk belajar menjadi kader bangsa. “Saya mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru. Dengan masuknya saudara berarti saudara berkomitmen belajar menjadi kader bangsa.,”ujarnya.

“Tantangan dan rintangan akan saudara hadapi. Ada beberapa syarat agar saudara bisa belajar seperti dicantumkan dalam kitab ta’lim muta’alim, yaitu pertama, cerdas dalam merespon ilmu pengetahuan. Menurut tafsir Ibnu Katsir, biar cerdas saudara harus bangun setiap malam dan melakukan sholat empat rakaat. Kedua, saudara harus mempunyai kesungguhan di dalam belajar,”ujarnya.

Ia menyampaikan bahwa sebagai generasi penerus, mahasiswa diharapkan mampu menjadi manusia modern, yang memiliki ciri-ciri; lebih mudah menerima dan menyesuaikan diri kepada perubahan-perubahan, lebih ahli dalam menyatakan pendapatnya, memiliki rasa tanggung jawab, lebih berorientasi kepada masa depan, lebih mempunyai kesadaran mengenai waktu, organisasi, teknologi, dan ilmu pengetahuan.

“Berkaitan dengan itu, saudara –saudara harus memiliki 4 kompetensi, yaitu hapal Al-Qur’an minimal 3 juz, menguasai teknologi computer, menguasai bahasa arab dan bahasa inggris, menguasai bacaan kitab kuning.

Selesai memberikan sambutan Rektor, memperkenalkan para guru besar dan anggota senat yang ikut dalam rombongan sidang senat terbuka Universitas.

 

Acara OPAK akan dilaksanakan selama tiga hari, hingga kamis (30/08/2012) mendatang melalui kegiatan pengenalan bidang akademik, bidang administrasi dan keuangan, bidang kemahasiswaan, bidang perencanaan dan kerjasama, kefakultasan, serta UKM dan UKK.***[Dudi, Ibn Ghifarie]