UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Rektor Buka Pengenalan Kepramukaan Tahun 2016

[www.uinsgd.ac.id] Sebanyak 1125 Mahasiswa yang terdiri dari 256 Putra dan 869 Putri mengikuti Pembukaan Kegiatan Pengenalan Kepramukaan (PEKA) Tahun 2016, bertempat di Aula Abdjan Sulaiman pada Sabtu (24/16). Rektor, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si., yang juga Ketua Mabigus Gerakan Pramuka UIN Sunan Gunung Djati Bandung, didampingi Para Pembina Gerakan Pramuka UIN Sunan Gunung Djati Bandung, secara resmi membuka kegiatan tersebut.

Rektor, dalam sambutannya merasa berbahagia dan bangga kepada Gerakan Pramuka UIN SGD Bandung sebagai salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) terbaik yang dimiliki UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Dengan prestasi-prestasi yang telah diukirnya baik ditingkat lokal, regional maupun tingkat nasional. Mengenai peserta yang didominasi oleh kaum Hawa, Rektor bersyukur, “Almar’atu ‘imadul bilad idza sholuhat sholuhal bilad waidza fasadat fasadal bilad, dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda bahwa “wanita adalah tiang agama, jikalau rusak wanita maka rusaklah negara, jikalau baik wanita maka baiklah negara”, tuturnya. 

Oleh karena itu, Rektor berharap dengan diadakannya kegiatan tersebut, baik peserta Putra dan Putri anggota Pramuka UIN Sunan Gunung Djati Bandung dapat menjadi anggota yang inovatif, kreatif, unggul dan kompetitif dalam upaya mengisi kemerdekaan Indonesia sesuai dengan cita-cita para Founding Father negeri ini. 

Senada dengan Rektor, Dr. Saca Suhendi, M.Ag., sebagai Pembina Gerakan Pramuka UIN Sunan Gunung Djati Bandung, berharap kegiatan PEKA Tahun 2016 dapat menjadi wadah untuk menciptakan kader-kader Gerakan Pramuka yang mampu menjadi generasi penerus Bangsa, yang memperjuangkan cita-cita para pendiri bangsanya, memiliki nilai-nilai patriotisme dan nasionalisme yang kuat. Baginya, kesuksesan seseorang harus dimulai dari impian yang besar, dan mampu menterjemahkan impian tersebut dalam: perencanaan yang baik (Good Planning), aktivitas yang baik (Good Activities), relasi yang luas (Good Human Relation), dan komunikasi yang luwes (Good Communication). “Gerakan Pramuka dalam hal ini dapat menjadi wadah yang tepat untuk membangun attitude tersebut”, tuturnya.

Menandai dimulainya kegiatan tersebut, Rektor, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si., membuka PEKA Tahun 2016 dengan memukul gong tiga kali. [Humas Al-Jami’ah UIN SGD Bandung]