UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Rektor Apresiasi Pembangunan Daerah Berbasis Budaya ala Bupati Purwakarta

[www.uinsgd.ac.id] Bupati Purwakarta, H. Dedi Mulyadi, SH., menyambut kedatangan Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si., berserta jajaran dalam kegiatan Serah Terima KKM Tahun Akademik 2016 di Pendopo Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jum’at (12/02/16).

KKM TA 2016 dengan penempatan di Kabupaten Purwakarta ini diikuti oleh 487 peserta yang disebar di tiga kecamatan 19 desa diwilayah Kabupaten Purwakarta. Dalam sambutannya, Rektor, menjelaskan bahwa para peserta KKM ini terdiri dari para mahasiswa dari berbagai latarbelakang prodi (program studi), sehingga mereka mempunyai berbagai macam keahlian yang diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk pemberdayaan masyarakat sesuai dengan keahliannya masing-masing. Peserta KKM juga diharapkan dapat mempelajari visi dan missi Pemerintah Kabupaten Purwakarta untuk kemudian berusaha membuat program-program kegiatan diwilayah masing-masing yang menguatkan dan matching dengan visi dan missi tersebut.

Dalam pertemuan tersebut, Rektor juga mengapresiasi langkah Bupati Purwakarta yang menghidupkan kembali seni dan budaya Sunda, sehingga Bupati Purwakarta menjadi salah satu icon “Ki Sunda” yang ada di Jawa Barat. Mengenai penampilan gaya busana Bupati Purwakarta, Rektor secara spontan berkomentar bahwa gaya busana tersebut dapat menginspirasi mahasiswa untuk melestarikan budaya sunda, dan hal tersebut bisa diapresiasi melalui mengadakan perlombaan busana orang sunda ditingkat Universitas bahkan tingkat PTAIS yang ada di Kopetais Wilayah II Jawa Barat yang berjumlah 114 PTAIS. Rektor  berharap agar kerjasama antara UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan Pemerintah Kabupaten Purwakarta dapat ditingkatkan dalam sektor Penelitian, Pendidikan dan Pengabdian kepada masyarakat serta sektor-sektor lainnya.

Gayung bersambut, Bupati Purwakarta disela-sela sambutan Rektor, mengatakan akan memberikan hadiah dengan total berjumlah 25 juta rupiah kepada pemenang perlombaan tersebut, sebagai bentuk apresiasi ide spontanitas Rektor. Dalam sambutannya, H. Dedi Mulyadi, SH., memberikan pencerahan kepada para mahasiswa mengenai pembangunan Kabupaten Purwakarta yang berbasis pada nilai-nilai budaya sunda yang original. Menurut Dedi, pola kehidupan masyarakat Kabupaten Purwakarta didominasi oleh kultur budaya Sunda, sehingga kekhasan tersebut tidak akan sinergis dengan pola-pola pembangunan yang berkiblat pada Bangsa lain. Maka penting bagi mahasiswa untuk memberikan inspirasi dan gagasan yang didasarkan pada originalitas nilai-nilai budaya dalam berusaha memberdayakan masyarakat, tuturnya. [Humas Al-Jamiah]