UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Rektor Ajak PNS Jadikan Baca Alquran sebagai Tradisi

[www.uinsgd.ac.id] Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung, Prof. Mahmud, M.Si mengajak pegawai negeri sipil yang bertugas di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Bandung untuk menjadikan pembacaan Alquran sebagai tradisi. “Jadi baca Alquran itu enggak hanya di bulan Ramadan,” kata Mahmud saat mengisi tausiyah dan siraman rohani di Gedung Mohammad Toha, Soreang, Kabupaten Bandung, Senin (23/1/2017).

Rektor melanjutkan, membaca Alquran amat penting bagi setiap muslim. Karena itu, setiap muslim, termasuk PNS, seharusnya sanggup melakukan hataman Alquran minimal sekali dalam setahun.”Tapi masih banyak di antara kita dalam satu tahun yang tidak sempat hatam membaca Alquran. Jadi wajar saja kalau hidupnya seperti ini-ini saja,” kata dia.

Bupati Bandung, Dadang M. Naser menanggapi positif ajakan Rektor UIN SGD tersebut. Dadang berencana bakal memerintahkan setiap PNS di lingkungan kerjanya untuk memiliki Alquran di tempat kerja.”Terinspirasi dari ajakan Pak Rektor, saya akan menginstruksikan setiap eselon harus punya Alquran di depan mejanya, plus terjemahan,” ujarnya. 

Bupati menjelaskan 96% masyarakat Kabupaten Bandung beragama Islam. Dari jumlah tersebut Dadang sesumbar jika mayoritas dapat membaca Alquran.

Lebih jauh, Dadang menyebut ajakan Mahmud tidak hanya berlaku bagi PNS di lingkungan Pemkab Bandung, melainkan kepada seluruh warga Kabupaten Bandung yang beragama Islam. “Kita juga sudah minta kepada Rektor UIN Bandung untuk memberi porsi besar mahasiswa yang melakukan kuliah kerja nyata (KKN) di Kabupaten Bandung. Supaya bisa mendukung dan membimbing masyarakat melek huruf Alquran,” kata dia.[Hengky Sulaksono]

Sumber, AyoBandung.com Jan 23, 2017 | 15:16 WIB