UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Quo Vadis Pengabdian kepada Masyarakat di UIN SGD Bandung

Bagi civitas akademika, istilah pengabdian kepada masyarakat – selanjutnya disingkat PkM – tidak asing lagi terdengar. Setiap dosen ketika mengumpulkan laporan kinerja dosen setiap semester sudah pasti akan mengisi komponen pengabdian kepada masyarakat untuk dilaporkan selama satu semester yang telah dijalaninya. Namun, kegiatan PkM yang dijalankan oleh dosen belum terdesain dengan baik, misalnya seperti dharma pendidikan/pengajaran yang dilaksanakan setiap semester secara sistemik, terencana, terdapat silabus dan bahan ajar, audien yang jelas dan ada evaluasi.

Selain itu,  bentuk dan jenis PkM yang dilakukan dosen masih terbatas pada kegiatan-kegiatan konvensional, seperti memberi khutbah/ceramah, mengisi pengajian di majelis taklim dan menjadi nara sumber dalam suatu kegiatan ilmiah. Pengelolaan kegiatan PkM pun dilakukan oleh banyak lembaga, mulai prodi, fakultas dan juga pascasarjana. Demikian juga alokasi pendanaan yang disediakan oleh universitas dari berbagai sumber yang masih relatif minim. 

Sementara itu, kegiatan PkM yang dilakukan mahasiswa melalui KKM belum memiliki arah yang jelas. Mahasiswa diterjunkan ke lokasi KKM tanpa dibekali metodologi pengabdian dan pemberdayaan, peta masalah lokasi KKM tidak dimiliki sejak awal tetapi dirumuskan pada saat berada dilokasi, sinergi dengan pemerintah daerah sebagai organ yang  bertanggungjawab memandirikan masyarakat tidak terjadi, mahasiwa sebagai peserta KKM melaksanakan program jangka pendek bukan program problem solving, integritas DPL (dosen pembimbing lapangan) sebagai insan pengabdi masih rendah dan banyak hal lain yang  bermuara pada masih kusutnya tata kelola PkM yang dilakukan mahasiswa melalui KKM.

Fakta-fakta inilah yang menjadi potret bahwa PkM di UIN SGD Bandung belum terkelola dengan baik, bentuknya tidak variatif, belum jelas metodologinya dan minim pendanaan. Oleh karena itu, potret PkM di atas perlu dikaji dan dicarikan soluasi guna menjawab pertanyaan bagaimana mengelola dan arah PkM di UIN SGD. 

Untuk membaca “Quo Vadis Pengabdian kepada Masyarakat di UIN SGD Bandung” yang merupakan ringkasan hasil riset pengabdian kepada masyarakat ini dapat diunduh pada laman