UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Pusat Karir UIN SGD Bukakan Masa Depan Mahasiswa & Alumni

Alumni UIN Sunan Gunung Djati Bandung tidak sekadar dibekali kemampuan akademik yang baik, tetapi juga harus bermasa depan baik, dengan mendapat pekerjaan baik di tempat kerja yang baik pula.

Demikian harapan Rektor UIN SGD Bandung Prof H Mahmud, M.Si, disampaikan pada acara Career Day yang digelar Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Karir UIN SGD Bandung, di Auditorium Anwar Musaddad, Selasa (05/03/2019).

Rektor mempercayakan Pusat Karir untuk berikhtiar secara maksimal dalam membantu para alumni supaya bermasa depan baik. “Carikan peluang  untuk para adik alumni, dengan cara memperluas  jaringan berbagai perusahaan!” pinta Prof Mahmud.

Tidak lupa, katanya, Pusat Karir agar menanamkan tentang pentingnya kebersamaan almamater, agar terbangun solidaritas antar-alumni. Dinama pun mereka bekerja, harus solid, terutama dalam hal kontribusinya memberikan manfaat bagi pembangunan negeri ini agar menjadi lebih lagi.

Pada kesempatan yang sama, kepala UPT Pusat Karir UIN SGD Bandung, Dr Betty Tresnawaty menjelaskan bahwa Career Days yang bertemakan Unlocking Your Potential Power ini sebagai kelanjutan  gelaran tahun lalu yaitu Discovering Your Best Version here.  “Tema kali ini memiliki arti bahwa setelah menemukan diri sendiri, maka sudah saatnya mengeluarkan kekuatan terbaik yang dimiliki oleh pribadi dari masing-masing,” Jelas Betty.

Kegiatan sekarang dilatarbelakangi oleh hasil riset yang menunjukkan bahwa beberapa perusahaan, banyak mencari tenaga kerja ataupun membuka lowongan pekerjaan di awal tahun. Nilai tambah bagi mahasiswa ataupun alumni, dengan mengikuti kegiatan ini bias menambah referensi atau bacaan buku berkualitas, karena pada Career Days kedua ini membuka bursa buku yang menyediakan berbagai judul dari berbagai penulis.

Selain itu, acara diperkaya dengan seminar dari berbagai perusahaan, expo, dan konseling. Seminar diisi oleh presentasi dari pihak perbankan dan perusahaan seluluer yang menjadi peserta Career Days. Sementara, Expo atau kegiatan rekrutmen dilaksanakan untuk memberikan kesempatan pada instansi/ perusahaan dalam melakukan kegiatan rekrutmen dari peserta/pencari kerja yang telah melamar/mendaftarkan diri pada saat Career Days.

“Konseling/Bimbingan Karir dirancang untuk memenuhi kebutuhan para peserta yang membutuhkan bimbingan karir yang sesuai dengan kemampuan, jurusan, maupun bakatnya.  Mahasiswa atau alumni  bisa langsung melamar ke perusahaan saat acara digelar,” pungkas Dr Betty, yang didampingi sekretaris Muhamad Kholid, SH, MH.(Nanang Sungkawa)