UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Publikasi UIN SGD Bandung Libatkan Mahasiswa

Kemitraan dosen dan mahasiswa dalam publikasi ilmiah menjadi salah satu agenda utama di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung.

“Rektor selaku pemangku kebijakan sangat mendukung penguatan publikasi terlebih melibatkan mahasiswa,” ujar Wahyudin Darmalaksana Kepala Pusat Penelitian dan Publikasi (Puslitpen) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN SGD Bandung pada acara gelar kemitraan dosen dan mahasiswa di Aula Mini Gedung Lecture Hall, Rabu (24/07/2019)

Publikasi ilmiah kemitraan dosen dan mahasiswa diawali dengan penelitian. Dosen berperan menjadi pembimbing penelitian. Hasil penelitian diolah menjadi paper untuk dipublikasikan di jurnal ilmiah nasional dan internasional.

“Kemitraan dosen dan mahasiswa dipacu untuk mengisi beberapa konferensil dengan target publikasi prosiding,” ungkap Wahyudin Darmalaksana didampingi Ketua, Sekretaris dan Dosen Jurusan Elektro Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) UIN SGD Bandung yang berhasil menyiapkan 33 paper untuk dipresentasikan di agenda The 5th International Conference on Wireless (ICWT) pada tanggal 25-26 Juli 2019 di Yogyakarta.

ICWT dibesut Institut Teknologi Bandung (ITB) sejak 5 tahun silam. UIN SGD Bandung tampil sebagai co-organized ICWT 2019. Prosiding ICWT akan diterbitkan di IEEE Xplore dengan index Scopus.

Delegasi ICWT 2019 sebanyak 48 orang. Terdiri atas 25 mahasiswa, 5 alumni, dan 18 dosen. Rombongan bertolak dari Bandung ke Yogyakarta dengan kereta api, Rabu 24 Juli 2019.

“Publikasi ilmiah reputasi global dengan melibatkan mahasiswa harus diluaskan,” tegas Wahyudin Darmalaksana.

Sumber, Media Jabar 24 Juli 2019