UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

PTIPD UIN SGD Gelar Pelatihan ICT

[www.uinsgd.ac.id] Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) UIN SGD Bandung mulai 30 Oktober 2017 menggelar pelatihan “Digital Academic Writing” untuk 4.908 mahasiswa tahun angkatan 2014 dari semua fakultas yang ada di lingkungan UIN SGD.

Pelatihan ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa, untuk melengkapi persyaratan sidang munaqasah (ujian skripsi). Bahkan tidak hanya itu, setelah menjadi sarjana pun mereka akan memiliki kemampuan tambahan bidang IT sesuai yang dibutuhkan dunia kerja. “Dari pelatihan ini kami targetkan: mahasiswa memiliki Information skills, IT skills, dan check plagiarism skills,” jelas Ketua PTIPD UIN SGD, Undang Syaripudin, M.Kom  dalam sosialisasi Pelatihan ICT Mahasiswa TA 2014-2015 di Aula Lecture Hall UINS SGD, Selasa (17/10/2017).

 “Pelatihan berlangsung lima kali pertemuan, dipandu oleh 60 instruktur yang melibatkan ahli IT dari unsur fakultas, Perpustakaan, PTIPD, dan dari luar kampus. Tempat pelatihan menggunakan delapan ruangan laboratorium, yang masing-masing memiliki 30 unit komputer. Sehari kita laksanakan 4 sesi pelatihan,” jelas Undang.

Ditanya, bagaimana sistem tes kelulusannya?  Menurut Undang, “Tes dilakukan pada pertemuan keenam. Lulus tidaknya tergantung dari hasil tes plagiarism pada tulisan yang mereka buat. Karena sebelumnya  kita latih bagimana cara menggali informasi, cara mengambil bahan-bahan tulisan secara digital/otomatis, dan kita latihkan pula cara mengecek plagiarism.”

Dr Mohamad  Erihadiana, M.Pd –atas nama Wakil Rektor I UIN SGD— menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya pada PTIPD yang menggelar pelatihan ICT ini.  “Ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa, sama seperti pelatihan bahasa Arab/Inggris dan kewajiban hafal qur’an satu juz, yang menjadi syarat munaqasah/ujian skripsi,” kata Dr Eri, usai membuka acara pelatihan.

Kewajiban ini didasarkan pada pedoman akademik bahwa selain punya sertifikat Toefa dan toefl, mahasiswa harus punya sertifikat ICT, sebagai kelengkapan syarat ujian munaqasah. “Diperkuat dengan SK Rektor yang mewajibkan seluruh mahasiswa mengikuti pelatihan ICT. Mereka tidak dipungut biaya, karena sudah masuk Uang Kuliah Tunggal (UKT),” kata Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SGD ini.[Nanang Sungkawa]