UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Psikologi Islam Harus Maju

[www.uinsgd.ac.id] Wakil Rektor (WR) I UIN SGD Bandung, Prof. Dr. H. Asep Muhyiddin, M.Ag. membuka secara resmi Dies Natalis ke X Fakultas Psikologi bertajuk “Sinergi untuk Kemajuan” melalui Orasi Ilmiah oleh Prof. H. Subandi, M.Psi., Ph.D (Ketua Asosiasi Psikologi Islami dan Guru Besar Fakultas Psikologi UGM) di Aula Mutlipurpose, Senin (29/2).

Dalam sambutanya WR I menjelaskan “momentum Dies Natalis ke-X ini harus dijadikan sebagai kesempatan untuk merenungkan dan mengevaluasi yang berkaitan dengan tugas dan amanah yang diemban, sehingga membawa perubahan yang lebih baik dan maju bagi perkembangan Psikologi Islam,” paparnya.

Dengan mengembangkan nilai-nilai Islam pada Psikologi yang bersumber dari Al-Quran ini diharapkan “mampu memberikan nalar dan motivasi yang melahirkan Psikologi Islam dengan memperhatikan nilai-nilai Ilahiyyah baik ayat-ayat kauniyah maupun  qauliyah,” jelasnya.   

Menurut Dekan Psikologi, Dr. Agus Abdul Rahman, S.Psi., M.Psi. upaya mewujudkan Fakultas Psikologi yang berkemajuan ini salah satu caranya dengan menjadikan, “momentum Dies Natalis ke-X ini sebagai simbol untuk mewujudkan Psikologi lebih maju,” optimisnya. 

Sebagai ungkapan rasa syukur atas segala pencapaian yang telah diraih ini, “Mari kita bersama-sama bergandengan tangan, bahu-membahu untuk mengembangkan Psikologi, sehingga keberadaanya diakui oleh masyarakat, bukan hanya klaim semata,” sambungnya.

Bagi Ketua Pelaksana, Sarbini, M.Ag. menuturkan “hitungan ini didasarkan pada lahirnya Fakultas Psikologi tahun 2005. Walaupun baru kali ini Fakultas Psikologi menyelenggarakan Dies. Gagasan ini muncul sejak kepemimpinan Prof. Adang. Akan tetapi baru bisa dilaksanakan di awal kempimpinan Bapak Dr. Agus,” ujarnya.

Ada serangkaian acara yang kali gelar dalam mensyukuri Dies ini, diantaranya; Seminar Internasional yang dilaksanakan pada tanggal 2 Desember 2015 dengan pembicara Peter Dowrick dari University Auckland, New Zealand dan Dr. Purboyo Solek, S.PA (K); Temu Alumni akbar pada tanggal 3 Januari 2016, yang menghasilkan pengurus baru dengan diketuai oleh Awaludin, S.Psi; Studium General Kewirausahaan pada tanggal 3 Februari 2016 bersama Ir. Victor Asih, MBA, MT; Dekan Cup yang dimulai dari tanggal 1-15 Februari 2016. 

Pada kesempatan ini Fakultas memberikan Life Achievement Award bagi peletak dasar pondasi jurusan Psikologi Ibu Hj. Tati SD, M.Ag terimakasih kami sampaikan, sepuluh besar lomba karya ilmiah tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kemenag, Hafidzoh 5 juz dan 10 juz Al-Quran, Juara I tim basket Putri pada Liga UIN SGD Bandung.

Diakui Hj. Tati SD, M.Ag, dalam sambutanya mengucapkan terima kasih atas keberlangsungan Psikologi. “Ibu mah paraji atau bidan Psikologi UIN SGD Bandung. Alhamdulillah berkat dorongan, dukungan dan kerjasam dari semua pihak, khususnya Pa Dadan Psikologi lahir tanpa disesar.”  

“Saya bangga atas keterlibat semua ini. Mudah-mudahan keberadaan psikologi ini lebih maju, semarak dan bermanfaat bagi masyarakat karena kelebihan Psikolgi UIN SGD Bandung dengan Psikologi lainya itu akhlaknya, sehingga dalam pengembangan Psikologi Islam harus tetap menjaga akhlaknya,” pungkasnya. [Humas Al-Jamiah]