UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Psikologi Ciptakan Keluarga Unggul melalui ICON-FIVe

Dampak perubahan era industri 4.0  menuntut sumber daya manusia yang mampu bersaing dan unggul, sehingga mampu mengikuti perubahan sesuai tuntutan konsumen. Sumber daya yang unggul hanya akan dihasilkan oleh keluarga yang unggul juga. Oleh karena itu ketahanan keluarga menjadi prediktor keberhasilan era industri 4.0.

Atas dasar itulah, Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati akan menyelenggarakan International Conference on Family and Islamic Values (ICON-FIVe), pada 15-16 Maret 2019 di Hotel Grand Aquila Bandung. Acara ini menghadirkan pakar keluarga baik dalam ataupun luar negeri, juga para peneliti yang concern dalam meningkatkan ketahanan keluarga dari berbagai lintas disiplin ilmu. Acara akan dibuka oleh Walikota Bandung, H Oded M Danial, S.AP; sekaligus dilakukan penandatanganan MoU antara UIN dan Pemkot Bandung.

Menurut Ketua penyelenggara International Conference, Dr Sarbini, M.Ag, representasi keluarga unggul itu adalah keluarga Nabi Ibrahim, keluarga Luqman, juga Nabi Muhammad SAW. Kisah keluarga tersebut nyata tertulis dalam al-Quran. Dan, umat manusia harus mampu mengambil pelajaran dari keluarga tersebut.

Karenanya, kegiatan ini bertemakan “Implementasi Nilai-nilai Islam dalam Memperkokoh Ketahanan Keluarga Menghadapi Tantangan Era Industri 4.0”. Tujuannya agar bisa mengdentifikasi dampak era industri 4.0 terhadap ketahanan keluarga, identifikasi permasalahan keluarga di era industri 4.0, mengakomodasi berbagai pemikiran solutif permasalahan keluarga berdasarkan nilai-nilai Islam; dan implementasi nilai-nilai Islam bagi kekuatan keluarga dalam menghadapi dampak era industri 4.0.

“Kita akan mengakomodasi berbagai pemikiran solutif dari 200 pakar, yang ter-cover  dalam International Conference, Workshop, dan Call for Paper. Mereka berasal dari kalangan umum yang peduli akan penyelesaian problematika keluarga; pebisnis yang berkaitan dengan pembinaan keluarga; dan eksekutif  yang fokus mengkaji dan mengembangkan konsep pembinaan keluarga,” jelas Sarbini. (Nanang Sungkawa)

Informasi selengkapnya tentang International Conference on Family and Islamic Values (ICON-FIVe) silahkan kunjungi laman https://fpsi.uinsgd.ac.id/icon-five/