UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Profil Fakultas Adab dan Humaniora

Dekan

Prof. Dr. H. Agus Salim M., M.Pd.

Pembantu Dekan I

Setia Gumilar, M.Si.

Pembantu Dekan II

Drs. Yuyun Nurulaen, M.Si.

Pembantu Dekan III

Dr. H. Sulasman, M.Hum.

 

Ketua Jur. Sej. Peradaban Islam

Ading Kusdiana, M.Ag.

Sekjur. Sej. Peradaban Islam

Samsudin, M.Ag.

 

Ketua Jur.Bhs.dan Sastra Arab

Dedi Supriadi, M.Hum.

Sekjur. Bhs. dan Sastra Arab

Rohanda, M.Ag.

 

Ketua Jur. Bhs.& Sastra Inggris

Dedi Sulaeman, M.Hum.

Sekjur. Bahasa & Sastra Inggris

Hasbi Assiddiqi, SS., MA. 

 

Ketua Prog. D-3 Terj.Bhs.Inggris

Drs. Heri Jauhari, M.Pd.

 

Ketua Laboratorium

Dadan Rusmana, M.Ag.

Sekretaris Laboratorium

Suparman, M.Ag.

 

Kepala Bagian Tata Usaha

Dra. Ruli Nurul Fatonah, M. Ag

Kasubag. Akademik & Kemah.

Asep Rohendi, M.Ag.

Kasubag. Umum

Drs. H. Haeruman

 

Fakultas Adab dan Humaniora

Fakultas Adab didirikan berdasarkan Statuta, Organisasi dan Tata kerja UIN Sunan Gunung Djati Bandung tahun 1993, sesuai dengan Keputusan Menteri Agama RI nomor 393 dan nomor 407 tahun 1993, dengan dua Jurusan, yaitu Jurusan Sejarah Kebudayaan Islam dan Bahasa dan Sastra Arab, bertujuan menyiapkan lulusan yang ahli dan profesional di bidang bahasa, sastra, sejarah peradaban dan ilmu-ilmu humaniora.

Tahun 1998 dilengkapi dengan Jurusan/Program Studi Ilmu Bahasa dan Sastra Inggris berdasarkan Kep. Ditjen Binbaga Islam Nomor 114 tahun 1998, tahun 2002 dilengkapi dengan Program Diploma 3 Terjemah Bahasa Arab dan Terjemah Bahasa Inggris, bertujuan menyiapkan lulusan yang ahli dan profesional di bidang bahasa, sastra, sejarah peradaban dan ilmu-ilmu humaniora lainnya.

Visi, Misi, dan Tujuan

1. Visi
Unggul, kompetitif, dan berakhlakul karimah pada tahun 2015 di tingkat nasional dalam kajian budaya, sejarah, peradaban Islam, bahasa, dan sastra.

2. Misi
a. Menyelenggarakan pendidikan profesional dan vokasional untuk menyiapkan sarjana yang unggul dan kompetitif dengan mempunyai kekokohan iman, keluasan ilmu, kemulian akhlak, dan keunggulan amal serta berdaya saing global;
b. Mengembangkan kajian integratif dan inovatif serta penerapannya dalam bidang sejarah peradaban Islam, bahasa dan sastera agar menjadi landasan pengembangan keilmuan, profesi, dan kebijakan pembangunan di Indonesia;
c. Menyelenggarakan layanan pengabdian kepada masyarakat serta professional dalam rangka ikut memecahkan masalah-masalah lokal dan nasional dalam bidang pendidikan budaya, sejarah peradaban Islam, bahasa, sastera,  dan kehidupan keaagamaan;
d. Menyelenggarakan internasionalisasi kelembagaan Fakultas melalui pengembangan dan pengokohan jejaring dan kemitraan pada tingkat lokal, nasional, regional, dan nasional.

3. Tujuan
a. Membina dan mengembangkan peserta didik untuk menjadi ilmuwan dan tenaga professional dalam bidang Sejarah Peradaban Islam, Bahasa, atau Sastera yang memiliki karakteristik “Kekokohan iman, kemuliaan akhlak, keluasan ilmu, dan keunggulan amal” serta berwawasan kebangsaan;
b. Mengembangkan penelitian pada seluruh bidang bidang Sejarah Peradaban Islam, Bahasa, atau Sastera dan menyebarlusakannya untuk pembangunan bangsa;
c. Mendukung berbagai program pembangunan masyarakat yang religious, demokratis, cinta damai, cinta ilmu, dan bermartabat.

 

Saat ini Fakultas Adab memiliki Jurusan/Program Studi sebagai berikut:

  1. Sejarah Peradaban Islam (SPI),
  2. Bahasa dan Sastra Arab (BSA),
  3. D-3 Terjemah Bahasa Arab,
  4. Bahasa dan Sastra Inggris (BSI),
  5. D-3 Terjemah Bahasa Inggris.

 

1. Jurusan Sejarah dan Peradaban Islam

Fenomena yang berkembang di dunia Islam saat ini berlangsung cepat dan meliputi beragam problematika peradaban. Mengkaji perkembangan sejarah yang berlangsung di tengah masyarakat Muslim telah menjadi suatu bidang kajian yang menarik untuk memahami fenomena peradaban tersebut.

Jurusan Sejarah dan Peradaban Islam (SPI) diselenggarakan atas dasar SK Menteri Agama nomor KMA 383 Tahun 1997 tertanggal 30 Juni 1997, bertujuan untuk mempersiapkan calon-calon mahasiswa untuk menjadi sarjana muslim yang memiliki keahlian (kompetensi) dalam kajian perkembangan sejarah dan peradaban di dunia Muslim. Mata kuliah keahlian yang ditawarkan mencakup lingkup metodologi sejarah seperti: Pengantar Ilmu Sejarah, Metode Penelitian Sejarah, Teori dan Metodologi Sejarah, Filsafat Sejarah, Kearsipan dan berbagai ilmu Bantu sejarah; dan sejarah material antara lain: Sejarah Dunia, Sejarah Peradaban Islam, Sejarah Islam Asia Tenggara, Sejarah Islam Indonesia, Studi Islam Kawasan, Sejarah Pergerakan Nasional, Sejarah Sosial Budaya Sunda.

2. Jurusan Bahasa dan Sastra Arab

Jurusan ini bertujuan untuk menyiapkan lulusan yang menguasai bidang bahasa dan sastra Arab. Mata Kuliah Keahlian Jurusan ini antara lain: Al-Qawâ’id (Al-Sharf dan Al-Nahw), Al-Balâghah (Stalistika), Al-Muthâla’ah (Reading), Al-Insyâ’ (Writing), Tarjamah, Ilm al- Lughah, Fiqh al-Lughah, Târîkh al-Adab, Al-‘Arûdh wa al-Qawâfî, Naqd al-Adab, Nushûsh Adabiyah, Filologi, Ilm al- Lughah al-Ijtimâ’î (Sosiolinguistik), Ilm al- Lughah al-Nafsî (Psikolinguistik), Ilm al-Lughah al-Tathbîqî (Linguistik Terapan), Ilm al-Ashwât (Fonetik), Nazhariyah al-Adab (Teori Sastra), Adab Muqâran dan Metode Penelitian Sastra.

3. D-3 Terjemah Bahasa Arab

Program ini merupakan program profesional dari Jurusan/Program Studi Bahasa dan Sastra Arab, bertujuan untuk menghasilkan tenaga profesional yang memiliki keahlian (kompetensi) dan keterampilan di bidang penerjemahan dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia atau sebaliknya. Mata kuliah keahlian program ini antara lain: Al-Qawâ’id (Al-Nahw wa al-Sharf), Al-Balâghah (Retorika), Al-Muthâla’ah (Reading), Al-Ta’bîr al-Kitâbî (Writing), Al-Ta’bîr al-Suafawî (Speaking), Al-Tarjamah al-Tahrîriyah (Arab-Indonesia & Indonesia-Arab), Al-Tarjamah al-Fauriyah (Arab-Indonesia & Indonesia-Arab), Tathbîq al-Tarjamah (Praktek Penerjemahan), Al-Asâlîb wa al-Mushthlâhât (Gaya Bahasa & Peristilahan), Al-Dilâlah wa al-Ma’âjim (Semantik dan Kamus), Nazhariyat al-Tarjamah (Teori Penerjemahan).

4. Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris

Jurusan ini bertujuan menyiapkan lulusan yang menguasai bidang bahasa dan sastra Inggris. Mata kuliah keahlian jurusan ini antara lain: Fonologi, Morfologi, Sintaksis dan Semantik, Sosiolinguistik, Psikolinguistik, Pengantar Pengkajian Kesusastraan Inggris, Ikhtisar Sejarah Kesusastraan Inggris, Ikhtisar Sejarah Kesusastraan Amerika, Pengkajian Prosa Inggris, Pengkajian Drama Inggris, Pengkajian Puisi Inggris, Puisi Amerika Modern, Drama Modern, Puisi Kontemporer Britania, Drama Amerika Modern, Pengantar Sejarah Inggris, Pengantar Kebudayaan Amerika, Sejarah Perkembangan Bahasa Inggris, Keterampilan Membaca, Mendengarkan, Menulis dan Berbicara Inggris.

5. D-3 Terjemah Bahasa Inggris

Program ini merupakan program profesional dari Jurusan/Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris, bertujuan untuk menyiapkan lulusan yang mempunyai keahlian di bidang penerjemahan: Bahasa Inggris-Bahasa Indonesia dan Bahasa Indonesia-Bahasa Inggris. Mata kuliah yang disajikan: Writing (Teks Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia), Speaking, Translation (English-Indonesia, Indonesia-English), Interpreting (English-Indonesia, Indonesia-English), Traveling and Guidance, Motion Picture Translation, Research Project on Translation dan Editing.Fakultas adab pada saat ini memiliki 1.223 mahasiswa, dibina dan dikembangkan oleh 58 orang dosen: 5 orang lulusan S-3, 26 orang lulusan S-2 dan 22 orang Sarjana S-1. Dengan kepangkatan, 1 Guru Besar, 37 Lektor dan 20 orang Asisten. Sejak didirikan sampai dengan Wisuda Semester Ganjil tahun 2003/2004/tanggal 24 Januari 2004, Fakultas Adab telah meluluskan 704 Sarjana S-1.