UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Prodi HPI UIN SGD Bandung Terakreditasi A

PROGRAM Studi Hukum Pidana Islam (HPI) Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Sunan Gunung Djati Bandung berhasil mendapatkan nilai akreditasi A (unggul) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Dengan demikian, ada 7 prodi FSH yang berhasil meraih akreditasi A.

Ke-7 prodi di Fakultas syariah terakreditasi A. Ketujuh prodi itu adalah Hukum Keluarga, Hukum Ekonomi Syariah, Hukum Tatanegara (Siyasah), Manajemen Keuangan Syariah, Ilmu Hukum, Hukum Pidana Islam, dan Perbandingan Mazhab dan Hukum.

“Kami bersyukur kepada Allah Swt atas perolehan akreditasi A. Ini berkat kerja keras, usaha, soliditas dari sivitas akademika, sehingga HPI bisa meraih nilai unggul dari BAN-PT,” ujar Dekan FSH,  Dr. H.  Ah Fathonih, M.Ag., di ruang kerjanya, Kampus I, Jalan A.H. Nasution 105, Cibiru, Kota Bandung, Rabu (08/05/2019). 

Ah Fathonih mengatakan, semua pencapaian ini sesuai dengan rencana dan strategi (renstra) FSH tahun akademik 2015-2019. Menurutnya, taget ke depannya, yakni meningkatkan kualitas pembelajaran dengan mengikuti era digital.

“Selain itu, kami akan menjalin hubungan kerja sama dengan pihak pengguna agar dikemudian hari para alumni FSH diberi ruang untuk berkompetisi dengan alumni dan perguruan tinggi lain di luar perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (PTKIN),” ujarnya.

Lebih jauh dikatakannya, hasil akreditasi merupakan karya bersama yang harus dipertanggungjawabkan kepada publik. Oleh karena itu, katanya, dengan raihan nilai akreditasi A bagi 7 prodi, dia bersama segenap sivitas akademika  FSH UIN Sunan Gunung Djati Bandung akan terus berupaya mengelola secara baik agar semua prodi benar-benar unggul dan kompetitif selaras dengan visi misi yang sudah ditetapkan.  

Ditegaskannya, rumah besar dari prodi yang diselenggarakan FSH itu ilmu syariah. Oleh karena itu segenap dosen dan mahasiswa FSH diharapkan mampu mengusai ilmu nahwu sharaf agar bisa membaca kitab kuning yang menjadi rujukan ilmu-ilmu syariah.

Ah Fathonih berharap semua hasil akreditasi dapat membawa berkah bagi keluarga besar FSH dan UIN SGD Bandung. Di samping itu, yang terpenting dapat terus meningkatkan kepercayaan publik baik nasional dan internasional.

Ah Fathonih juga mengaku sangat berterima kasih kepada pimpinan universitas, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni, pengguna lulusan, pimpinan organisasi kemahasiswaan, orang tua mahasiswa, tim akreditasi Prodi HPI, pihak keamanan dan kebersihan, dan semua pihak yang telah mendukung suksesnya akreditasi sehingga berhasil mendapatkan nilai A.

“Kami meminta maaf  kepada para asesor atas pelayanan kami yang kurang memuaskan. Semoga segala daya upaya kita dijadikan amal saleh yang insya Allah akan mendapatkan pahala dri Allah Swt,” katanya.(Nana Sukmana, Dadang Setiawan)

Sumber, Galamedia News 08 Mei 2019